Biodata dan Riwayat Pendidikan Pratama Arhan dari SD Hingga Kuliah, Menarik untuk Disimak!

salsabila fitrandasyifa/boby
Riwayat pendidikan Pratama Arhan dari SD Sampai Kuliah (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Suami Azizah Salsha yakni Pratama Arhan ternyata menjadi idola para kaum hawa, termasuk biodata dan riwayat pendidikannya menarik untuk disimak.

Terlebih saat pertandingan Timnas U-23 Indonesia vs Turkmenistan kemarin, membuat banyak orang kagum dengan sundulan bolanya. Dia berhasil mencetak gol pada menit ke-92.

Namun usai mencetak gol dengan menunjukkan kaus bertuliskan nama sang istri, Azizah Salsha beserta tanggal pernikahan mereka, saat dia melakukan selebrasi mengundang perhatian publik.

Lantas seperti apa latar pendidikan Pratama Arhan, yang merupakan salah satu pemain Timnas U-23? Berikut ulasan lengkapnya.

Pratama Arhan Alif Rifai merupakan nama lengkap dari seorang pemain timnas ini. Ia lahir pada tanggal 21 Desember 2001, di Desa Sidomulyo, Kecamatan Banjarejo, Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Karena sejak kecil Arhan hobi bermain bola, akhirnya ia memutuskan memulai pendidikannya dengan bergabung ke sekolah sepak bola di SSB Putra Mustika Blora saat kelas 4 SD, usia delapan tahun.

Ketika sudah bergabung di SSB Putra Mustika, Arhan memperlihatkan kemampuan tendangan kaki kiri yang mulai menonjol. Padahal pelatih Arhan dengan minim pengalaman, saat itu hanya mengajarkan latihan teknik dasar saja, seperti teknik kontrol bola, passing, dan dribbling.

Usai lulus SD, ia mencoba untuk daftar seleksi di Akademi Terang Bangsa Semarang, yang merupakan akademi terbaik disana. Karena semangatnya yang tidak pernah terputus disertai dengan dukungan orang tua, ia pun berhasil lulus seleksi dan mendapatkan pelatihan dari salah satu akademi sepak bola.

Ia menghabiskan waktu Sekolah Menengah Pertama (SMP) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) di Akademi Terang Bangsa.

Karena Arhan dianggap cukup mahir di berbagai posisi, pemandu bakat PSIS Semarang memberikan kesempatan kepada Arhan untuk bergabung dengan PSIS dan memperkuat tim kelompok umur dari U-18 hingga memperkuat PSIS Semarang U-20.

Dengan keahliannya di sepak bola, mulai dikenal oleh Shin Tae-Yong, pelatih anyar Timnas Indonesia U-19 pada awal tahun 2020. Bergabung dengan Garuda Muda, membuat Arhan mengalami progress yang pesat dengan posisi bek kiri.

Setelah mengenyam pendidikan di Akademi Terang Bangsa, Arhan melanjutkan perguruan tingginya di Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang, dengan jurusan Ekonomi Manajemen. Dengan prestasinya usai berlaga di Piala AFF 2020, ia bisa mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan jenjang S1 hingga S2 nya. Hal ini merupakan bentuk apresiasi dari Rektor kepada mahasiswanya yang berhasil mencapai prestasi di tingkat internasional.

Biodata dan Profil

Nama Lengkap : Pratama Arhan Alif Rifai

Nama Panggilan : Pratama Arhan

Tempat, Tanggal Lahir : Blora, Jawa Tengah, 21 Desember 2001

Tinggi Badan : 170 cm

Umur : 22 Tahun (Tahun 2023)

Hobi : Sepakbola

Zodiak : Sagitarius

Orang Tua : Sutrisno dan Surati

Pendidikan : Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang

Klub Saat Ini : PSIS Semarang

Posisi Bermain : Bek Kiri

Instagram : @pratamaarhan8

Karier Junior

-2012 – 2015, SSB Putra Mustika

- 2015 – 2018, SSB Terang Bangsa

- 2018 – 2020, PSIS Semarang

Karier Senior

- 2020 – sekarang, PSIS Semarang

Tim Nasional

- 2020 – sekarang, Indonesia U-19

- 2021 – sekarang, Indonesia U-23

- 2021 – sekarang, Indonesia

Prestasi

- Pemain Muda Terbaik Piala Menpora 2021

- Pemain Muda Terbaik Piala AFF 2020

Editor : Boby

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network