Dari Tembok ke Tembok, Begini Kisah Babeh Budi Pemural Asal Pulogadung

Yuda Febrian Silitonga
Babeh Budi rambut putih ditemani teman nya. (Foto : iNews / Yuda)

Selain itu, ia mengatakan pernah membuat gambar dari ukuran kecil hingga paling besar sampai memanjang hingga 15 meter.

“Paling besar itu ukuran 5X15 meter itu di Pulokalapa,” terangnya.

Kendala memural diungkapkannya soal ketinggian dan juga jenis tembok.

“Jadi paling kendala yang sering ditemui itu jika gambar dengan tembok yang tinggi, lumayan agak berat tapi Alhamdulillah dulu pernah di Jatinegara sampai pakai 5 scaffolding,” ucap bapak yang punya 4 anak ini.

Bebah Budi yang tidak lulus kuliah di jurusan hukum ini, juga mengajar di sembilan sekolah di Jatinegara dan Kalimalang.

“Sekarang saya juga mengajar di TK, SD dan SMP dulu itu sampai 9 sekolah karena covid sekarang jadi 3 sekolah,” terangnya.

Kegemarannya. menggambar mengantarkan kenekatannya keliling jawa dari Jakarta ke Jawa Tengah dengan berjalan kaki.

“Terus saya pernah jalan kaki dari Jakarta ke Jawa Tengah untuk menguji gambar di kertas juga untuk silaturahmi dengan berbagai seniman di kota yang saya lewati,” ungkapnya.

Saat jalan kaki banyak hal yang ia dapatkan khususnya karakter masyarakat yang ditemui.

“Saya senang jalan kaki, bisa fokus melihat objek juga mudah membaur dengan masyarakat dengan berbagai kulturnya,” tandasnya.

Di acara yang saat ini diikuti yakni ‘Festival Mural Karawang’ ia tidak terlalu berharap menang dan menjadi juara. Namun bisa bertemu dan berpartisipasi adalah tujuannya.

“Kalau saya tidak terlalu pusing soal menang atau tidak yang penting bisa berpartisipasi di acara kawan dan juga bersilaturahmi,” katanya.

Sementara itu, koordinator acara Medi mengatakan kegiatan festival mural Karawang diikuti 30 peserta mural dari berbagai daerah, dan bagi terbaik akan mendapatkan apresiasi dari Bupati Karawang.

“Penyelenggaran festival mural ini dibuat oleh 234 SC Karawang bekerja sama dengan Pemkab Karawang diikuti oleh 30 pemural di berbagai daerah ada dari Jakarta, Depok, Bekasi, Cikarang dan Karawang nantinya bagi yang terpilih muralnya akan diberikan apreasiasi berupa uang pembinaan dari Bupati Karawang,” tandasnya.

Editor : Boby

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network