Ajak Anak Belajar Piano Ternyata Dapat Menumbuhkan Rasa Percaya Diri. Begini Alasannya

Tim Okezone
Ilustrasi Anak Bejalar Piano. (Foto: Freepik)

Meredakan Stres 

Terdapat berbagai studi yang menunjukkan manfaat bermain piano untuk anak. Anak yang rutin main piano dinilai cenderung lebih sedikit mengalami rasa cemas dan depresi, serta kesehatan mental lebih baik secara umum. Pasalnya, memainkan piano membuat anak memiliki suatu kegiatan untuk melepas stres dan berada dalam keadaan yang tenang, juga meningkatkan rasa optimis. 

Memperbaiki Kesehatan Fisik 

Tahukah Anda? Manfaat belajar piano adalah meningkatkan koordinasi mata dengan tangan, serta kemampuan menggunakan alat dengan tangan, misalnya sumpit. Belajar piano juga menggunakan kemampuan motorik halus yang akan semakin membaik ketika anak bertambah usia bahkan hingga dewasa. 

Belajar Menerima Kritik 

Saat belajar suatu instrumen baru, anak secara alami akan mendapat pujian dan juga kritik yang membangun. Hal ini penting dalam pembentukan mentalnya. Pada tiap aspek kehidupan, akan terdapat kritik yang membangun. Ini menjadi suatu cara untuk melatih anak bagaimana cara menerimanya dengan positif. 

Memperbaiki Konsentrasi 

Memainkan piano menggunakan konsentrasi fisik maupun mental secara bersamaan. Meski akan sulit di awal, menggunakan kedua konsentrasi ini dengan konsisten akan menjadi semakin mudah. Seiring berjalannya waktu, anak akan terbiasa dengan kemampuan konsentrasi tersebut. Nah, hal ini dapat membantunya di berbagai bidang dalam kehidupan. 

Anak pun biasanya mulai belajar piano di usia 7-8 tahun. Apabila anak Anda punya fokus yang lebih baik, belajar piano dapat dimulai lebih dini misalnya 5 tahun. Anak yang mulai belajar piano di usia 5 tahun relatif lebih mudah menangkap konsep lagu. Ia juga cenderung mampu belajar lebih cepat dibandingkan anak yang lebih tua. 

Di usia 7-8 tahun, anak pada umumnya sudah mampu duduk tenang dan berkonsentrasi, serta memiliki ukuran tangan yang cukup besar untuk menggapai tuts piano. Pada usia 8 tahun, anak biasanya telah memiliki kemampuan penalaran abstrak yang dibutuhkan untuk membaca not balok.

Bisakah baru belajar piano saat dewasa? Bisa! Orang dewasa yang belajar piano dapat membantu meningkatkan kesehatan otak dan sendinya. Ketika belajar piano, fungsi otak semakin membaik. Manfaat bermain piano ini ditemukan dapat mencegah demensia Alzheimer.

Editor : Boby

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network