get app
inews
Aa Read Next : Pengedar Uang Palsu Diringkus Polres Karawang, Terancam 15 Tahun Penjara

230 Sapi Terpapar PMK di Karawang, Tersebar di 18 Kecamatan

Kamis, 09 Juni 2022 | 10:18 WIB
header img
Dinas PKP Karawang saat memantau kesehatan ternak. (foto: istimewa)

KARAWANG, iNews.id - 230 ekor sapi di 18 kecamatan di Kabupaten Karawang terpapar virus PMK (Penyakit Mulut dan Kuku). Dugaan sementara, penularan bersumber dari ternak luar Karawang yang lebih dulu terpapar.

Kepala Bidang Peternakan pada Dinas PKP (Pertanian dan Ketahanan Pangan) Karawang Handoko mengakui memang ada ternak yang didatangkan dari luar Karawang. Saat baru datang, kondisi mereka masih sehat. Namun jarak dua sampai tiga hari kemudian jatuh sakit. Kuat dugaan di tubuh mereka membawa virus PMK.

Pemkab Karawang melalui Dinas PKP Karawang mengimbau peternak supaya waspada ketika mendatangkan ternak dari luar. Peternak wajib memisahkan ternak tersebut sebelum dimasukkan ke kandang bersama ternak lain.

"Minimal diisolasi selama 2 minggu. Dipantau perkembangannya apakah hewan itu bergejala ke arah PMK atau tidak. kalau sehat boleh dicampur," tuturnya.

Pemerintah juga meminta masyarakat tidak panik. Handoko menjamin PMK tidak akan menulari manusia. Bahkan daging ternak yang terjangkit PMK masih bisa dikonsumsi masyarakat karena tidak akan berpengaruh terhadap kesehatan manusia.

Editor : Faizol Yuhri

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut