get app
inews
Aa Read Next : Viral Desa di Karawang Suasananya seperti di Borobudur, Harus Dikunjungi Sekali Seumur Hidup

Kenaikan Harga Tiket Masuk Candi Borobudur Curi Perhatian. Ini Penjelasannya

Senin, 06 Juni 2022 | 20:52 WIB
header img
Dusun Butuh Kaliangkrik di Magelang, Jawa Tengah dijuluki Nepal van Java (Instagram @nepal_van_java)

Candi Borobudur memiliki daya tarik tersendiri bagi turis yang datang. 

Karena Candi Borobudur merupakan salah satu destinasi wisata yang jadi favorit banyak orang tidak hanya turis asing tapi juga mancanegara. Candi Borobudur memiliki bentuk bangunan yang unik dengan nilai sejarah yang tinggi

Namun  Candi Borobudur baru-baru ini, mencuri perhatian banyak pihak karena harga masuknya yang melonjak drastis yakni Rp750.000 per orang untuk turis domestik.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Panjaitan menjelaskan kenaikan harga tiket masuk pada Candi Borobudur ini dilakukan untuk membatasi kuota kunjungan sebanyak 1.200 orang per hari. Selain itu juga untuk menjaga kelestarian kekayaan sejarah dan budaya nusantara.

Sebelum ada kenaikan, harga tiket masuk Candi Borobudur sebelumnya Rp50.000 untuk wisatawan lokal dan Rp25.000 bagi anak-anak. Sedangkan untuk tiket terusan Candi Borobudur dan Candi Prambanan sebesar Rp70.000 per orang.

Kenaikan harga tiket masuk  tentu saja sangat disayangkan oleh masyarakat. Sebab banyak dari mereka yang memilih untuk berkunjung ke Magelang, Jawa Tengah demi melihat keindahan candi peninggalan Kerajaan Mataram itu.

Namun tidak perlu khawatir, di sekitaran Candi Borobudur juga banyak lho destinasi wisata menarik yang bisa Anda kunjungi, dan pastinya harganya lebih terjangkau.

Berikut destinasi wisata di Magelang selain Candi Borobudur, seperti dirangkum Okezone: 

1. Gereja Ayam

Gereja Ayam salah satu destinasi wisata andalan di Magelang, Jawa Tengah. Tempat ini booming setelah dijadikan sebagai latar adegan di film AADC.

Disebut Gereja Ayam karna gereja ini memiliki bentuk seperti kepala ayam yang sedang duduk dengan mahkota di kepalanya.

Gereja ini memiliki empat lantai. Lantai pertama merupakan area untuk beribadah, dan lantai paling atas adalah spot paling favorit karena wisatawan bisa melihat pemandangan yang begitu indah dari ketinggian. Untuk bisa datang ke tempat ini, pengunjung cukup membayar biaya Rp5.000 saja.

Editor : Boby

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut