get app
inews
Aa Read Next : Kelurahan Karangpawitan Sosialisasi Koperasi Syariah, Minimalisir Peredaran Bank Emok

Ternyata Orang Gemuk Bisa Alami Malnutrisi Loh! Begini Penjelasannya

Minggu, 29 Mei 2022 | 18:33 WIB
header img
Ilustrasi Gemuk. (Foto: Shutterstock)

Pada seseorang yang memiliki tubuh terlalu kurus biasanya berpikir bahwa mereka kekurangan gizi. Namun, pada mereka yang memiliki tubuh gemuk ternyata bisa mengalami malnutrisi juga.

Dr. dr. Warsinggih, Sp.B-KBD, Ketua Umum IKABDI (Perhimpunan Dokter Spesialis Bedah Digestif Indonesia), malnutrisi adalah sebuah kondisi seseorang yang kekurangan gizi seperti protein, karbohidrat, lemak, mineral atau zat mikronutrisi. Hal ini diakibatkan dari berbagai faktor termasuk pola makan yang buruk, kondisi pencernaan dan penyakit lain.

“Kurus dan gemuk itu kan patokannya dari BMI dan malnutrisi itu berhubungan dengan kekurangan nutrisi yang ada," ujar dr. Warsinggih dalam webinar Fresenius Kabi seperti dilansir dari Antara.

Lebih lanjut dr. Warsinggih menjelaskan, untuk mengetahui bobot tubuh yang ideal harus dilihat berdasarkan standar body mass index (BMI). Jika BMI-nya berada di bawah 18, maka bisa disebut kurus, namun jika di atas 30 artinya sudah masuk kategori obesitas.

"Jadi harus dibedakan antara ideal dan kurus. Tapi kalau kurus dan tidak mengalami tindakan operasi, itu tidak mempengaruhi tindakan, kalau kegemukan itu akan berdampak," katanya.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut