Logo Network
Network

Peneliti Sebut Bumi di Ambang Kepunahan Massal, Manusia Penyebabnya

Kevi Laras
.
Minggu, 29 Mei 2022 | 17:21 WIB
Peneliti Sebut Bumi di Ambang Kepunahan Massal, Manusia Penyebabnya
Bumi diambang kepunahan massal (Foto: Greenews)

INTERNATIONAL, iNews.id - Beberapa peneliti menyebut Bumi saat ini diambang kepunahan massal keenam. Hal tersebut berkaca dengan situasi sejarah, ketika Dinosaurus menemui ajalnya selama peristiwa kepunahan massal.

Akibat meteor menabrak pantai Semenanjung Yucatan di Meksiko. "Iklim menjadi gila," kata Robert Cowie, seorang profesor di Universitas Hawaii di Manoa

"Lima puluh tahun yang lalu, spesies yang terancam punah sangat spesifik, hewan besar atau yang bersaing dengan manusia dan sebagainya," kata Gerardo Ceballos, profesor di National Autonomous University of Mexico, dilansir CNET, Minggu (29/5/2022).

Namun, hal yang mengejutkan jika para peneliti menyematkan yang keenam itu disebabkan manusia. Sekarang beberapa peneliti percaya, kehidupan sekarang berada di tengah-tengah kepunahan massal keenam, dan kondisinya semakin buruk.

"Tapi sekarang semuanya mungkin berisiko kecil dan besar, mencolok dan tidak mencolok, buruk dan tidak terlalu buruk," kata Ceballos.

Peristiwa kepunahan massal atau disebut kepunahan Holosen, menurut peneliti hilangnya sebagian besar spesies di Bumi karena bencana alam. Dari yang tertua hingga yang terbaru, lima peristiwa kepunahan massal adalah: Ordovisium-Silur, Devon Akhir, Permian-Triassic, Triassic-Jurassic, dan Cretaceous-Paleogene.

Follow Berita iNews Karawang di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini