get app
inews
Aa Read Next : Gegara Kualitas Udara Buruk, Pengidap ISPA di Karawang Melonjak Drastis

Demam Tinggi Tanda DBD? Begini Kebenarannya

Kamis, 26 Mei 2022 | 13:42 WIB
header img
Demam tinggi tak selalu DBD. (Foto: Timesofindia)

Saat tubuh sedang mengalami demam tinggi, hal ini seringkali dikaitkan dengan penyakit demam berdarah dengue (DBD). Namun, apakah demam tinggi diakibatkan oleh demam berdarah?

Dikutip dari Klikdokter, demam bukan suatu penyakit, namun merupakan tanda awal mulanya berbagai macam penyakit. Jika terjadi demam, tubuh menandakan berfungsi baik karena mampu merespons atau memberikan perlawanan terhadap suatu penyakit.

Oleh sebab itu, kemunculan demam umumnya tak perlu terlalu dicemaskan kecuali demam sangat tinggi atau menghambat aktivitas sehari-hari penderitanya.

Normalnya, suhu tubuh berkisar antara 36,4 sampai 37,2 derajat Celsius. Sedikit peningkatan di atas itu, biasanya tidak disebut demam melainkan meriang atau sumeng. Bila diukur, suhu tubuh akan berada di kisaran 37,3 sampai 38,3 derajat Celsius.

Anda baru akan merasakan demam yang sebenarnya kala suhu tubuh berada di kisaran 38,4 sampai 39,3 derajat Celsius. Pada rentang suhu ini, sel-sel kekebalan tubuh baru mampu bekerja secara efektif untuk melawan penyakit. Bila suhu tubuh kemudian mencapai 39,4 derajat Celsius atau lebih, maka Anda mengalami demam tinggi.

Menentukan penyebab demam tinggi

Demam memiliki berbagai latar penyebab, tetapi yang paling umum adalah infeksi, baik oleh virus maupun bakteri. Sumber infeksi bisa berasal dari saluran napas, saluran kemih, saluran cerna, selaput otak dan otak, hingga infeksi pada darah seperti demam berdarah. 

Untuk menentukan sumbernya, penting untuk mengetahui gejala lain yang menyertai demam.

Jika keluhan demam tinggi disertai batuk, pilek, dan nyeri tenggorokan, sumber infeksi utamanya di saluran napas atas. Bisa juga di saluran napas bawah atau paru-paru apabila terdapat keluhan sesak napas hingga nyeri dada saat menarik napas. 

Sedangkan demam tinggi yang disertai menggigil, nyeri pinggang yang menjalar hingga ke selangkangan dan nyeri saat berkemih, mengarahkan adanya infeksi ginjal.

Bila sumber infeksi berasal dari saluran cerna, maka keluhan utama selain demam adalah diare, mual, dan muntah. Dan jika demam tinggi disertai kaku leher, nyeri kepala hebat, serta muntah yang menyembur, menandakan adanya infeksi selaput otak atau meningitis.

Editor : Boby

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut