get app
inews
Aa Read Next : Pengedar Uang Palsu Diringkus Polres Karawang, Terancam 15 Tahun Penjara

Alun-alun Karawang Mau Dibangun Ulang Pakai Dana Provinsi, Ridwan Kamil Siap Meresmikan

Rabu, 25 Mei 2022 | 10:49 WIB
header img
Gambar desain Alun-alun Karawang. (Foto: Pemkab Karawang)

KARAWANG, iNews.id - Alun-alun di Kabupaten Karawang dalam waktu dekat segera dibangun melalui alokasi anggaran Provinsi Jawa Barat. 

Saat ini tahapan pembangunan sudah mulai memasuki tahap desain. Pengerjaannya direncanakan mulai pada akhir tahun 2022. 

Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana mengatakan pembangunan Alun-alun Karawang tidak menggunakan APBD Karawang, melainkan bersumber dari dana APBD Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat melalui Dinas Perumahan dan Permukiman Provinsi Jawa Barat itu. 

Konsep pembangunannya juga dibuat oleh tim dari Pemprov dan ada penyesuaian desain dari Pemkab Karawang

"Tentu ini hal yang sangat ditunggu-tunggu masyarakat. Alun-alun ini kan program Gubernur Jawa Barat," kata Selasa (24/5/2022). 

Cellica juga meminta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkungan Pemkab Karawang untuk menyampaikan progres untuk mempercepat pembangunan. 

Hal itu dilakukan agar masyarakat tahu dan pembangunan itu selesai sesuai target. 

"Seluruh dinas harus berkoordinasi dan harus menyampaikan progresnya, karena jelas mulai bulan Juni ini harus terealisasi. Jadi tidak mungkin ada pembangunan yang tidak selesai, jadi tidak mungkin kalau kitanya gercep (gerak cepat),” tambahnya. 

Bupati mengatakan, pihaknya menginginkan pada 2023 mendatang Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil bisa meresmikan Alun-alun Karawang. Dengan demikian, diharapkan kepada seluruh OPD untuk bisa bersinergis baik dengan Provinsi Jabar. 

“Jadi saya ingin pak gubernur pada 2023 meresmikan Alun-alun Karawang, jadi ini merupakan berkah untuk Kabupaten Karawang dan juga sebagai tugas kewajiban kita untuk mendukung itu. Saya pikir dengan niat baik kita, kita kerja bareng-bareng, kita kolaborasi, semua akan cepat selesai,” ungkapnya. 

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Karawang, Asip Suhendar selaku koordinator lintas OPD di lingkungan Pemkab Karawang dalam pembangunan Alun-alun Karawang menyampaikan, saat ini sudah dalam tahapan review DED, lalu rencana pelaksanaan konstruksi dan evaluasi proses perizinan. 

“Pelaksanaan pembangunan alun-alun ini sudah kita bahas, ada tanggungjawab kita di daerah yang kita lakukan bersama, dan kita akan lukakan rakor setiap satu minggu sekali, setiap hari Rabu agar bisa terus disampaikan progresnya,” ujarnya.

Editor : Faizol Yuhri

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut