get app
inews
Aa Read Next : Cara Disparbud Karawang Pertahankan Budaya dan Kearifan Lokal Lewat Gelaran Hareudang Fest 2023

Merayu Tranggalek Fashion Day 2022 Pamerkan Kearifan Lokal

Senin, 23 Mei 2022 | 20:35 WIB
header img
Merayu Trenggalek Fashion Day 2022 (Foto: ist)

Pada 20-21 Mei 2022, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranesda) Kabupaten Trenggalek Jawa Timur menggelar Merayu Trenggalek Fashion Day 2022 di Museum Tekstil Jakarta.

Pada Merayu Trenggalek Fashion Day 2022 ini adalah sebuah annual event yang diselenggarakan setiap tahun di Kabupaten Trenggalek. Khusus tahun 2021 ini, pelaksanaan event akbar dilakukan di Kota Jakarta.


Ketua Dekranesda Kabupaten Trenggalek Jawa Timur sekaligus Founder UPRINTIS Indonesia, Novita Hardini Mochamad memastikan Merayu Trenggalek Fashion Day 2022 bukan sekedar seremoni tahunan belaka apalagi dibuat hanya untuk dikenang. 

“Saya menghimbau dan mengajak kepada seluruh masyarakat khususnya perempuan untuk memanfaatkan sekaligus menjadikan Merayu Trenggalek Fashion Day 2022 sebagai momentum kebangkitan fashion dan perekonomian masyarakat ,” kata Novita, Jumat (20/5/2022). 

Ia berharap Event Fashion Show Trenggalek yang diselenggarakan di Jakarta, dapat mengakselerasi seluruh potensi daerah dan masyarakat Trenggalek, khususnya pelaku UMKM agar naik kelas dan mampu bersaing ditingkat nasional dan internasional. 

Ia juga menjelaskan, Merayu Trenggalek Fashion Day 2022 adalah momentum yang sangat baik untuk menggeliatkan kembali perekonomian masyarakat dan daerah Trenggalek dimasa Pandemi Covid-19, termasuk mewujudkan program 1000 pengusaha perempuan baru tangguh Indonesia.

“Tidak hanya pemerintah pusat, Merayu Trenggalek Fashion Day 2022 juga mendapatkan dukungan serta menjalin kerjasama dengan beberapa pihak swasta dan profesional," tambahnya. 

Berbeda dengan event fashion show lain yang sudah-sudah, lanjut Novita, Merayu Trenggalek Fashion Day 2022 lebih menonjolkan kearifan lokal Jawa Timur khususnya Kabupaten Trenggalek, di mana bukan hanya menyajikan exhibiton semata namun juga sarat edukasi. 

Pengunjung dapat belajar cara men-canting kain batik, langsung dari pengerajin kain batik Trenggalek. 

Bahkan para pengunjung yang memadati Museum Tekstil Jakarta hari ini, terlihat sangat antusias mengikuti sesi men-canting kain batik, yang diajarkan langsung oleh para pengerajin batik tulis Trenggalek.

Editor : Boby

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut