get app
inews
Aa Read Next : Banyak Tempat Hiburan Malam di Karawang Belum Kantongi Izin Menjual Minol?

Cara Disparbud Karawang Pertahankan Budaya dan Kearifan Lokal Lewat Gelaran Hareudang Fest 2023

Minggu, 24 September 2023 | 16:23 WIB
header img
Cara Disparbud Karawang Pertahankan Budaya dan Kearifan Lokal Lewat Gelaran Hareudang Fest 2023 (Foto : iNewskarawang.id/Frizky Wibisono)

KARAWANG, iNewskarawang.id - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Karawang menggelar acara 'Hareudang Fest 2023' di Kampung Budaya, pada Minggu, (24/9/2023). Penyelenggaraan kegiatan tersebut dalam rangka mengnalkan kampung budaya serta mempertahankan budaya lokal yang semakin hari semakin tergerus zaman.

Dikatakan Kepala Bidang Destinasi Wisata pada Disparbud Karawang, Lusi Asela, acara 'Hareudang Fest 2023' merupakan akronim dari Hajat Pariwisata, Ekonomi Kreatif dan Kebudayaan Karawang. Dalam kegiatan tersebut menghadirkan berbagai pertunjukan yang dapat merefleksikan kearifan budaya lokal.

"Kegiatan ini berisi hiburan dan lomba lokal untuk anak-anak pelajar Karawang, mereka disuguhkan penampilan parade band, parade seni tradisional, festival layangan, festival kaulinan budak, story telling pariwisata, hingga lomba memasak," ungkapnya.

Selain penampilan budaya, dalam kegiatan ini para pelajar juga bisa mendapatkan informasi mengenai wisata di Karawang, serta mencicipi sajian kuliner dan produk kreatif dari UMKM Karawang.

"Sebenarnya inti dari kegiatan ini adalah mengenalkan kampung budaya sebagai representasi ruang publik dan kreatifitas sekaligus mengenalkan budaya dan kearifan lokal yang disajikan dalam bentuk atraksi budaya. Dengan ini kami mencoba mengingatkan dan mengenalkan kembali budaya dan kearifan lokal kita" ujarnya.

Lusi berharap dengan adanya kegiatan ini budaya dan kearifan lokal Karawang bisa lebih dikenal di kalangan masyarakat, sehingga lebih banyak lagi yang memainkan tarian dan permainan lokal.

"Di zaman yang serba teknologi ini semoga masih banyak orang yang berminat pada budaya tradisional, ini penting untuk kita jaga bersama sebagai identitas kita semua, jangan sampai generasi di masa mendatang mengalami krisis identitas," harapnya.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut