get app
inews
Aa Read Next : 5 Tips Nonton Konser Musik Biar Seru dan Nyaman, Anti Bosan!

Akhirnya Sudah Bisa Lepas Masker. Jangan Lupa Sediakan Alat Tes Covid-19 Mandiri di Rumah Ya!

Sabtu, 21 Mei 2022 | 18:33 WIB
header img
Ilustrasi Tes Antigen. (Foto: Freepik)

Pemerintah sudah memberikan pelonggaran pada masyarakat, yakni diperbolehkan melepas masker. Namun, hal ini bukan berarti virus covid-19 sudah tidak ada di Indonesia. Jika Anda merasakan gejala-gejala covid-19 sebaiknya segera periksa ke dokter.

Alat tes covid yang dapat digunakan oleh masyakarat adalah antigen dan RT-PCR. Kabar baiknya, alat tes covid-19 saat ini sudah diperjualbelikan untuk masyarakat agar bisa periksa mandiri dirumah. Salah satunya adalah Juvara self-test dan C-Saliva PCR

Direktur PT Jayatunggal Sekarmulia, Michael Rusli, mengatakan alat uji kualitatif immunochromatographic assay ini akan mendeteksi protein Covid-19 secara mandiri yang dihasilkan oleh virus yang bereplikasi di area hidung (nasal).

Menurutnya, pengambilan sampel cukup sampai rongga hidung, dan tidak perlu masuk ke nasofaring. Oleh karena itu, orang awam pun bisa menggunakannya tanpa perlu takut melukai saluran penapasan."Juvara self-test sudah diuji oleh UNPAD dengan hasil sensitivitas nilainya 100% dan spesifisitas 100%. Hasilnya bisa keluar hanya dalam waktu 10 menit," jelas Michael. 

Sementara C-Saliva, merupakan viral transport medium untuk pengambilan spesimen mikrobiologi, transportasi, dan penyimpanan sampel air liur untuk dianalisis dengan uji diagnostik berdasarkan asam nukleat. Alat ini pun menggunakan larutan bersifat inactivated untuk mengurangi risiko penularan, dab lebih aman dalam pengumpulan dan transportasi. 

"C-Saliva memfasilitasi uji diagnostik rutin seperti ekstraksi RNA dan uji PCR. Isi nilai kesesuaian C-Saliva PCR dengan nasofaring dalam kemasan adalah KAPPA 0,66 (sangat kuat) dan NPN 99,42%," ungkap Divisi Parasitologi Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran, dr. Lia Faridah, M.Si.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut