get app
inews
Aa Read Next : 5 Tips Nonton Konser Musik Biar Seru dan Nyaman, Anti Bosan!

Pemerintah Cairkan BLT Minyak Goreng, Ini Alasannya!

Jum'at, 08 April 2022 | 15:12 WIB
header img
BLT Minyak Goreng Cair (Foto: MPI)

Pemerintah sudah mencairkan BLT minyak goreng Rp300.000  Namun ada alasan di balik pemberian BLT minyak goreng Rp300.000.

Menurut Sekretaris Kementerian Perekonomian Susiwijono Moegiarso,  ketegangan geopolitik Rusia-Ukraina memicu volatilitas harga komoditas utama dunia, bahkan interim report OECD Maret lalu memperkirakan pertumbuhan ekonomi global berpotensi berkurang 1%, menjadi 3% dari 4%, dan inflasi akan naik 2,5%, dari yang semula 4% menjadi 6,5%.

Disebutkan harga komoditas terus meningkat, harga energi dan juga pangan meningkat cukup tinggi terus mengalami tren peningkatan tersebut.

"Indonesia terdampak secara langsung maupun tidak langsung," ungkap Susiwijono dalam konferensi pers virtual di Jakarta, Jumat (8/4/2022).

Susiwijono mengakui, Ini menjadi situasi luar biasa yang dihadapi Indonesia setelah COVID-19 mereda. 

Seiring kenaikan harga komoditas di tingkat global akibat situasi-situasi tersebut, pemerintah melakukan penyesuaian harga-harga di tingkat domestik dan pemberian subsidi yakni menjaga bantalan sosial kita, terutama bagi kelompok menengah ke bawah yang mencakup 40% penduduk Indonesia terbawah.

"Tujuannya adalah untuk meringankan beban, menjaga daya beli masyarakat, dan tak kalah penting menjaga situasi sosial yang kondusif seiring kenaikan harga tersebut," terangnya.

Dijelaskannya, salah satu yang mengalami kenaikan adalah komoditas minyak goreng dan pasokannya belum stabil. Pemerintah sudah menyiapkan program BLT minyak goreng untuk menjaga daya beli masyarakat.

Pemerintah menyiapkan program BLT minyak goreng ini sebagai bagian dari program PEN yang anggarannya menggunakan anggaran PEN 2022. BLT minyak goreng ini menjadi rumpun dari bansos pangan yang nanti akan ada di Kemensos dan sebagian menjadi bagian BLT PKLWN  koordinasi bersama rekan TNI dan Polri.

Dikatakan, BLT minyak goreng yang menjadi rumpun program bansos pangan ini akan diberikan kepada kurang lebih 20,65 juta KPM yang masing-masing akan menerima Rp100 ribu per KPM per bulan dalam waktu 3 bulan yang akan diberikan sekaligus,sehingga msing-masing penerima akan menerima total Rp300 ribu. 

Masih menurut Susiwijono, perhitungannya menggunakan asumsi bahwa per KPM akan menggunakan 0,23 liter per minggu dari data BPS, sehingga sebulan adalah 1 liter per orang, sehingga satu KPM besarannya sekitar Rp300 ribu per penerima.

Susiwijono menambahkan, di tahun 2022 ini, akan ada program BT PKLWN yang diberikan Rp600 ribu kepada para PKL, warung, dan nelayan, yang ini disalurkan ke 212 kabupaten/kota, dan yang kedua adalah BLT tadi yang bersamaan untuk para PKL warung, utamanya warung makanan dan gorengan di 514 kabupaten/kota di Indonesia.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut