get app
inews
Aa Read Next : Pengedar Uang Palsu Diringkus Polres Karawang, Terancam 15 Tahun Penjara

Siap-siap, Kopi Olahan Karawang Bakal Mejeng di Milan Italia

Rabu, 18 Mei 2022 | 18:40 WIB
header img
Kepala Seksi Pengembangan Penguatan dan Perlindungan Usaha Mikro (P3UM) pada Dinkop UKM Karawang, Leoni Whisnuwardhani. (Foto: iNews Karawang/Iqbal Maulana Bahtiar)

KARAWANG, iNews.id - Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Dinkop UKM) Karawang bakal membawa kopi olahan Karawang ke ajang World of Coffee di Milan, Italia.

Secara khusus, dinas bakal menyeleksi pelaku usaha olahan biji kopi di Karawang. Selanjutnya, yang terbaik dari Karawang akan dibawa ke Jawa Barat. Dari Jawa Barat, kopi olahan Karawang ini bakal langsung diterbangkan ke Milan.

Kepala Seksi Pengembangan Penguatan dan Perlindungan Usaha Mikro (P3UM) pada Dinkop UKM Karawang Leoni Whisnuwardhani menuturkan pihaknya telah menghubungi Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Jawa Barat. Dinas provinsi mengizinkan Karawang ikut seleksi.

"Kami juga sudah berkoordinasi dengan Asosiasi Petani Kopi Indonesia (Apeki) Karawang agar nantinya mereka ikut serta dalam ajang Wolrd of Coffe di Milan, Italia nanti," Ungkapnya, Selasa, (17/5/2022).

Pelaku usaha yang tertarik bisa mengisi formulir di alamat bit.ly/KopiJabarJuara.

"Pendaftaran acara ini bisa dilakukan secara kelompok maupun perorangan. Setelah mendaftar, para peserta mengirimkan satu kilogram biji kopi ke panitia seleksi yang ada di sana untuk masuk ke lab dan dicek kandungannya. Jika lolos seleksi dia bawa lima kilogram, itu yang nantinya akan dibawa ke Milan, itu free of charge, jadi biaya ditanggung sama Diskuk Jabar," jelasnya.

Sementara itu, di lokasi yang sama, Kepala Dinkop UKM Kabupaten Karawang Ade Sudiana menambahkan, untuk jenis biji kopi yang dapat dikirimkan pada ajang tersebut di antaranya jenis Arabika, Robusta dan Liberika.

Ia juga berjanji akan mendukung penuh dan membantu para pelaku usaha sektor olahan kopi agar dapat dikenal di luar Karawang sampai luar negeri. Karena ia melihat ada potensi besar di sektor ini.

"Kita bantu fasilitasi mereka. Mengingat di Karawang ini sebenarnya banyak UKM yang produksi kopi, kita berharap ada yang dari Karawang yang bisa lolos seleksi dan bisa ikut ke sana, karena kesempatannya ini event kopi dunia ya, sekaligus bisa mengenalkan produk Karawang ke mancanegara," pungkasnya.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut