get app
inews
Aa Read Next : Tercatat 328.664 Kendaraan Pemudik Tinggalkan Jakarta, Meningkat 200 Persen dari Lalu Lintas Normal

Puncak Arus Balik 6-8 Mei, Pemudik Tak Pulang di Tanggal Ini. Imbau Jasa Marga

Rabu, 04 Mei 2022 | 18:31 WIB
header img
Ilustrasi jalan tol. (Foto: Okezone)

Puncak arus balik lebaran 2022 akan terjadi pada H+5 lebaran.

PT Jasa Marga (Persero) Tbk memprediksi hal itu mengingat sisa libur cuti bersama yang ditetapkan pemerintah bakal berakhir.

Jika menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan darat, pihaknya mengimbau kepada para pemudik untuk tidak melakukan perjalanan di waktu yang bersamaan.

Menurut Jasa Marga, diperkirakan akan terjadi puncak arus balik pada tanggal 6-8 Mei 2022, pihaknya meminta pemudik agar tak balik dari kampung halamannnya di tanggal tersebut.

Prediksi untuk jumlah kendaraan yang kembali ke Jabotabek pada hari tersebut adalah sebanyak 269.444 kendaraan, atau akan naik 53,6% dari lalu lintas normal periode November 2021.

Angka prediksi tersebut merupakan kumulatif lalin yang diperkirakan menuju Jabotabek di beberapa Gerbang Tol (GT) barrier/utama, yaitu GT Cikampek Utama & GT Kalihurip Utama (arah Trans Jawa dan Bandung), GT Cikupa (arah Merak) dan GT Ciawi (arah Puncak).

Prediksi dari arah Timur mencapai 64,64% dari total lalu lintas. Sementara itu, untuk dari arah Barat sebesar 21,35% sedangkan arah Selatan sebesar 14,02%.

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru menekankan bahwa distribusi dari arah timur menuju ke arah Jakarta yang mencapai 64,64% tersebut, mayoritas akan berasal dari Trans Jawa dan Bandung yang menuju Jabotabek ke via GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama pada hari Minggu, 8 Mei 2022, yaitu sekitar 174.157 kendaraan, meningkat 104,4% dibandingkan dengan lalin normal.

"Peningkatan lalu lintas juga diprediksi sudah terjadi pada H+3 dan H+4 atau pada Jumat-Sabtu, 6-7 Mei 2022, dengan peningkatan kendaraan yang tidak jauh dengan puncak arus balik di 8 Mei 2022," ujarnya Heru dalam keterangan tertulisnya, Rabu (4/5/2022).

Heru menjelaskan untuk mewujudkan perjalanan yang lebih nyaman, maka pihaknya mengimbau agar pengguna jalan dapat mengatur waktu perjalanan kembali ke Jabotabek.

"Kami memohon kerja sama pengguna jalan untuk kembali ke Jabotabek sebelum 6-8 Mei 2022,” pungkasnya.

Editor : Boby

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut