get app
inews
Aa Read Next : Lalu Lintas di Tol Japek Hari Ini Terpantau Normal, Puncak Arus Mudik Diperkirakan Dimulai Jumat

Akibat Macet Parah, Pemudik Tertahan Hingga 3 Jam di Tol Tangerang-Merak

Kamis, 28 April 2022 | 20:06 WIB
header img
Tol Tangerang-Merak macet. (Foto: Iskandar N)

Ribuan kendaraan dari dalam hingga keluar tol mengalami kemacetan yang membuat kepolisian menerapkan sistem buka tutup jalur, Kamis (28/4/2022).

Sebab lonjakan kendaraan pemudik yang datang menuju pelabuhan Merak, Banten terpantau meningkat tajam pada saat arus puncak angkutan Lebaran 2022

Ratusan kendaraan pemudik tertahan di Jalan Cikuasa Atas atau Exit Tol Tangerang Merak, Kota Cilegon, Banten. Situasi ini berdasarkan pantauan dari kamera drone.

Tingginya kedatangan calon pengguna jasa yang hendak melintasi perairan Selat Sunda menuju Pulau Sumatera via Pelabuhan Merak menyebabkan antrean panjang. Selain lalu lintas yang tersendat, kondisi tersebut mengakibatkan kemacetan di dalam tol hingga 1 Km panjangnya.

Para pengendara yang mayoritas mobil pribadi ini mengaku sudah lebih dari tiga jam tertahan di jalan akibat tingginya volume pemudik yang datang dari arah Jakarta menuju Merak.

Macet parah ini Pak, sudah tertahan 3 jam,” ujar Ngadiono, seorang sopir bus.

Kapolres Cilegon AKBP Sigit Haryono mengatakan, untuk mengurangi kepadatan kendaraan, pihaknya melakukan sistem rekayasa lalu lintas dengan menerapkan buka tutup jalan dan menjadikan Jalan Cikuasa Atas sebagai kantong parkir dermaga sebelum masuk kapal.

“Malam ini puncak arus mudik,” ucapnya.

Sementara itu, kondisi di dermaga reguler pelabuhan merak tampak membeludak dan menimbulkan antrean para pengendara sepeda motor maupun mobil pribadi.

Dari tujuh dermaga yang disiapkan, pengelola pelabuhan mengoperasikan 34 kapal roro besar untuk mengangkut ribuan pemudik tujuan Sumatera.

Editor : Boby

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut