get app
inews
Aa Read Next : Pengedar Uang Palsu Diringkus Polres Karawang, Terancam 15 Tahun Penjara

Unsika Berdaya Saing Terbaik, Sabet Peringkat 10 Besar Pada SPAN-PTKIN

Senin, 18 April 2022 | 22:45 WIB
header img
Tangkapan layar: 10 PTKIN Berdaya Saing Terbaik. (Foto: dok. Unsika)

KARAWANG, iNews.id - Kementerian Agama (Kemenag) telah mengumumkan hasil Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) pada Jumat (15/4/2022) pukul 14.00 WIB.  Pengumuman hasil SPAN-PTKIN tahun 2022 berdasarkan dua pilihan PTKIN oleh calon mahasiswa baru.

Pernyataan tersebut disampaikan langsung oleh Ketua Panitia Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru SPAN-UM PTKIN, Prof Dr Imam Taufiq, MAg. Senin, (18/4).

"Kami telah mengeluarkan pengumuman Nomor B-130/SPAN-UM/IV/2022 tentang akses pengumuman hasil SPAN-PTKIN tahun 2022 dari dua pilihan PTKIN," ungkapnya melalui release yang diterima Tim iNews.id

Wakil Rektor bidang akademik Universitas Singapebangsa Karawang (Unsika), Kusrin melalui Koordinator Pelaksana SPAN-UM PTKIN Astuti Darmiyant menjelaskan, sebanyak 2.242 calon mahasiswa baru telah mendaftar ke Fakultas Agama Islam (FAI) melalui jalur SPAN PTKIN.

Lebih lanjut dirinya, dari tiga prodi yang ada di FAI, yakni Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI), Manajemen Pendidikan Islam (MPI), dan Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)  telah terseleksi sebanyak 168 calon mahasiswa baru.

"Prodi Pendidikan Agama Islam sebanyak 84 peserta, Manajemen Pendidikan Islam sebanyak 60 peserta, dan Pendidikan Islam Anak usia Dini sebanyak 24 peserta," bebernya.

Jumlah tersebut, menurut Astuti Darmiyanti, berdasarkan pagu yang telah disiapkan oleh Unsika yakni 35 % dari total seluruh daya tampung.

Selanjutnya, Astuti Darmiyanti menghimbau agar calon mahasiswa baru yang sudah lulus melalui jalur SPAN PTKIN segera melakukan daftar ulang. Daftar ulang sudah disiapkan oleh bagian akademik Unsika untuk menetapkan Uang Kuliah Tunggal (UKT).

“Pengumuman pendaftaran ulang dapat diakses melalui pmb.unsika.ac.id pada Senin, 18 April 2022 pukul 15.00 WIB,” pungkasnya.

Ditambahkan, keikutsertaan Fakultas Agama Islam Unsika pada Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru PTKIN Kemenag RI diawali pada tahun 2019, yakni tahun akademik 2020-2021.

Meski begitu, Kehadiran FAI Unsika pada Seleksi Nasional Peneriman Mahasiswa Baru PTKIN ini terbilang unik karena diantara 58 PTKIN, mulai dari UIN, IAIN, dan STAIN, nama Fakultas Agama Islam Unsika berada di urutan ke 9.

Padahal, Unsika tidak termasuk ke dalam PTKIN, melainkan Perguruan Tinggi Umum yang memiliki Fakultas Agama Islam dengan izin operasional diterbitkan oleh Kemenag RI.

"Alhamdulillah, untuk tahun akademik 2022-2023 ini, Unsika, khususnya Fakultas Agama Islam masuk dalam 10 besar dari 58 PTKIN plus Unsika yang Berdaya Saing Terbaik,”pungkasnya.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut