get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Ternyata Ini Keutaman Sedekah di Bulan Ramadhan

Rabu, 29 Maret 2023 | 11:08 WIB
header img
Ilustrasi pembagian sedekah (Foto: Koran Sindo)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Memberikan sedekah selama bulan Ramadan memiliki nilai keutamaan yang istimewa. Walaupun memberi sedekah pada waktu lain juga memiliki banyak keutamaan, namun Ramadan memiliki keistimewaan karena Rasulullah SAW sendiri meningkatkan derajat kedermawanannya selama bulan suci ini.

Ramadan menawarkan jaminan pahala berlipat ganda dan bonus dari Allah SWT. Pahala untuk melakukan ibadah sunnah sama dengan melakukan ibadah wajib, sedangkan pahala untuk melakukan ibadah wajib dilipatgandakan hingga 70 kali lipat.

Diriwayatkan dari Salman Al Farisi RA, Rasulullah SAW memberi khutbah kepada kami di hari akhir dari bulan Sya’ban dan bersabda:

“Barang siapa yang melakukan kebaikan (ibadah sunah) di bulan itu (Ramadan) pahalanya seperti melakukan ibadah wajib dibanding bulan yang lainnya. Dan barang siapa melakukan kewajiban di dalamnya, maka pahalanya seperti melakukan 70 kewajiban dibanding bulan lainnya”. (HR Ibnu Khuzaimah).

Dengan mengetahui imbalan yang berlipat-lipat, seharusnya seorang Muslim merasa termotivasi untuk meningkatkan amalannya, termasuk memberikan sedekah sebagaimana dicontohkan oleh Rasulullah SAW.

Abdullah bin Abbas mengatakan, “Adalah Rasulullah SAW manusia yang paling dermawan dan sifat paling dermawan beliau ada pada bulan Ramadan”.

Selain bonus pahala, ada kaitan erat antara sedekah dan momentum Ramadan secara spesifik. Rasulullah SAW dalam haditsnya menjelaskan:

“Sedekah yang paling utama adalah sedekah pada bulan Ramadan”. (HR At Tirmidzi)

Tidak hanya faktor pahala yang berlipat, tetapi ada beberapa faktor lain yang membuat sedekah di bulan Ramadan sangat istimewa. Salah satu faktornya adalah adanya keterkaitan antara sedekah dengan ibadah lain yang dilakukan selama bulan Ramadan, seperti memberikan makanan untuk berbuka puasa (iftar).

Dalam kaitan bersedekah dengan memberikan ifthar, Rasulullah SAW bersabda:

“Siapa yang memberi makan buka (ifthar) bagi orang yang berpuasa, baginya pahala orang yang berpuasa tersebut, tidak dikurangi sedikit pun”. (HR Ahmad dan An Nasa’i)

Begitu besar balasan pahala bagi orang yang menyediakan ifthar. Ini membuktikan bahwa bersedekah di Ramadan memiliki nilai lebih dibanding bulan lainnya. Semoga Allah SWT memberikan kita pemahaman untuk bisa menangkap pesan dan isyarat di balik perintah ibadah di bulan berjuta keutamaan ini. Wallahu a’lam bisshawab.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut