get app
inews
Aa Read Next : 10 Tips Aman Puasa bagi Para Penderita Maag, No 9 Sering Tidak Disadari

Simak! Cara Menurunkan Berat Badan di Bulan Ramadhan

Rabu, 30 Maret 2022 | 19:26 WIB
header img
Tips menurunkan berat badan sambil puasa (Foto: The conversation).

Puasa selama Ramadhan terbukti bermanfaat bagi kesehatan. Tetapi jika ingin memanfaatkan kesempatan untuk berpuasa dengan cepat sekalian untuk menurunkan berat badan dengan jumlah yang berlebih. 

Berikut cara menurunkan berat badan saat berpuasa. 

1. Berbuka dengan menu seimbang 

Di bulan Ramadan, metabolisme tubuh melambat sehingga kebutuhan energi tubuh otomatis berkurang. Saat menjelang buka puasa, anggaplah itu sebagai makan malam biasa yang Anda santap sepanjang tahun. 

Setelah berbuka puasa, jangan langsung menikmati makanan sekaligus, sebagai gantinya, istirahat, salat, tunggu beberapa menit dan kemudian melanjutkan makan.


2. Hindari gorengan 

Faktor utama yang ternyata menjadi alasan di balik semua kenaikan berat badan selama bulan Ramadhan adalah makanan yang berminyak. 

Makanan yang digoreng mengandung kalori tinggi dan rendah nutrisi. Ada banyak pilihan sehat yang harus dipilih daripada makanan gorengan yang sudah jadi khas Ramadhan. 

3. Jangan melewatkan sahur  

Di bulan Ramadhan sahur menggantikan sarapan. Melewatkan sahur adalah pilihan yang berisiko karena Anda akan cenderung lapar sepanjang hari yang akan mengakibatkan makan berlebihan saat buka puasa dan itu adalah hal yang harus dihindari untuk melanjutkan perjalanan penurunan berat badan. 

4. Kurangi gula 

Alasan utama lain kenaikan berat badan selama Ramadhan adalah gula yang dikonsumsi sepanjang bulan dari minuman dan manisan yang sarat gula. 

Hal terbaik yang harus dilakukan adalah menghindari gula olahan karena itu adalah hal terakhir yang Anda butuhkan dalam tubuh Anda jika Anda bertujuan untuk menurunkan berat badan atau tidak menambah berat badan selama Ramadhan. 

Gula selalu dapat diganti dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan gula alami seperti buah-buahan, buah-buahan kering, dan madu. 

5. Batasi asupan garam 

Sodium cenderung membuat tubuh dehidrasi, oleh karena itu pilihan terbaik adalah menghindari makan makanan yang mengandung banyak garam di dalamnya. Mereka cenderung membuat Anda haus dan juga memengaruhi kemampuan tubuh untuk mencerna dan menyerap cairan.


6. Rencanakan olahraga tiga puluh menit 

Di bulan Ramadhan, orang merasa kewalahan untuk menyesuaikan diri dengan rutinitas baru. Kurangnya jam tidur juga cenderung berdampak pada pikiran dan tubuh. 

Oleh karena itu, sangat penting untuk melakukan beberapa jenis aktivitas fisik seperti jalan cepat atau olahraga sederhana yang akan membuat tubuh tetap aktif dan mencegahnya menjadi terlalu lelah atau malas.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut