get app
inews
Aa Read Next : Sakit Dada Bagian Tengah, Berikut Cara Mengobatinya!

Simak Cara Penanganan Pertama Saat Alami Nyeri Dada

Senin, 28 Maret 2022 | 14:50 WIB
header img
Penanganan Pertama saat Mengalami Nyeri Dada (Foto: Healthline)

Informasi mengenai penanganan nyeri pada dada sangat penting diketahui oleh Anda. Beberapa penyebab nyeri dada bisa bermula dari masalah kecil, seperti mulas pada perut, stres secara emosional, sampai kondisi darurat yang serius seperti serangan jantung atau pembekuan darah yang terjadi melalui paru-paru.

Penyebab nyeri dada cukup sulit untuk diketahui, terlebih jika anda belum pernah mengalami nyeri dada sebelumnya. Jangan pernah melakukan diagnosis sendiri, tetapi carilah bantuan medis jika anda mengalami nyeri dada yang berlangsung lebih dari beberapa menit.

Serangan jantung umumnya menyebabkan nyeri dada selama lebih dari 15 menit. Rasa sakitnya mungkin ringan atau berat. Beberapa serangan jantung menyerang tiba-tiba, tetapi banyak orang memiliki tanda-tanda peringatan beberapa jam atau hari sebelumnya.

Seseorang yang mengalami serangan jantung mungkin memiliki salah satu atau semua hal berikut:
- Nyeri dada, tekanan atau sesak, atau sensasi diremas atau nyeri di bagian tengah dada
- Nyeri atau ketidaknyamanan yang menyebar ke bahu, lengan, punggung, leher, rahang, gigi atau kadang-kadang perut bagian atas
- Mual, gangguan pencernaan, mulas atau sakit perut
- Sesak napas
- Pusing

Pada wanita, nyeri dada tidak selalu parah atau bahkan gejala yang paling terlihat. Wanita cenderung memiliki gejala yang lebih tidak jelas, seperti mual atau nyeri punggung atau rahang, yang mungkin lebih intens daripada nyeri dada.

Jika Anda atau orang lain mengalami nyeri dada, berikut adalah pertolongan pertama yang dapat Anda lakukan, sebagaimana dilansir Mayo Clinic pada Jumat (25/3/2022).

Hubungi Bantuan Medis
Jangan abaikan nyeri dada terlebih karena ini juga merupakan gejala serangan jantung. Jika Anda tidak bisa mendapatkan ambulans atau kendaraan darurat untuk datang kepada Anda, mintalah tetangga atau teman mengantar Anda ke rumah sakit terdekat.

Mengemudi sendiri hanya jika Anda tidak memiliki pilihan lain. Karena kondisi Anda dapat memburuk, mengemudi sendiri membuat Anda dan orang lain berisiko.

Kompres Dingin
Penyebab umum sakit jantung atau nyeri dada adalah ketegangan otot karena tekanan dari olahraga, aktivitas lain, atau trauma benda tumpul. Pemberian kompres dingin pada area yang nyeri dilakukan untuk membantu mengurangi pembengkakan dan menghentikan rasa sakit.

Minuman Hangat
Minuman hangat dapat membantu menghilangkan gas ketika rasa sakit seseorang disebabkan oleh gas atau kembung. Air hangat juga dapat membantu meningkatkan pencernaan. Beberapa jenis teh akan baik dikombinasikan dengan air hangat.

Minum Aspirin
Aspirin adalah pengencer darah. Ini mencegah pembekuan dan membuat darah mengalir melalui arteri yang menyempit yang menyebabkan serangan jantung. Jangan minum aspirin jika Anda mengalami nyeri dada karena cedera.

Juga, jangan minum aspirin jika Anda alergi terhadap aspirin, memiliki masalah pendarahan atau minum obat pengencer darah lainnya, atau jika penyedia layanan kesehatan Anda sebelumnya memberitahu Anda untuk tidak melakukannya.

Cuka Sari Apel
Cuka sari apel adalah obat rumahan lain yang dapat membantu mengatasi refluks asam. Cuka sari apel memiliki sedikit efek samping kepada orang yang mengonsumsi obat pengencer darah. Soalnya cuka apel juga dapat mengencerkan darah.
 
Ambil Nitrogliserin
Jika Anda merasa mengalami serangan jantung dan penyedia layanan kesehatan Anda sebelumnya telah meresepkan nitrogliserin untuk Anda, minumlah sesuai petunjuk. Jangan mengambil nitrogliserin orang lain.

Mulailah CPR pada orang yang mengalami serangan jantung
American Heart Association merekomendasikan untuk memulai CPR hanya dengan tangan. Dorong keras dan cepat di dada orang tersebut selama 100 hingga 120 kompresi per menit.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut