get app
inews
Aa Read Next : Pengedar Uang Palsu Diringkus Polres Karawang, Terancam 15 Tahun Penjara

Kembangkan Pelaku Usaha, Dinkop UKM Karawang Kolaborasi bareng Patriot Desa

Sabtu, 26 Maret 2022 | 18:39 WIB
header img
Patriot Desa berkolaborasi dengan Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Dinkop UKM) Kabupaten Karawang . (Foto: iNews Karawang/Iqbal Maulana Bahtiar)

Karawang, iNews.id - Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Dinkop UKM) Kabupaten Karawang berkolaborasi dengan Patriot Desa dalam pengembangan para pelaku usaha di Desa.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Seksi (Kasi) Pengembangan Penguatan dan Perlindungan Usaha Mikro (P3UM), Leoni Whisnuwardhani saat ditemui langsung oleh reporter iNewskarawang di kantor Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Dinkop UKM), Jumat, (25/3/2022)

"Patriot Desa adalah pemuda terpilih dari  Jawa Barat. Mereka ditempatkan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Jawa Barat di DPMD Kabupaten Karawang untuk mendampingi dan menggali potensi di desa, baik potensi ekonomi maupun potensi wisata dan lain sebagainya. Mereka diharapkan bisa membantu digitalisasi desa di desa binaannya,"ujarnya.

Selain itu, Ia juga mengatakan, untuk lokusnya sendiri, mereka akan mendampingi 12 Desa di 4 Kecamatan di Kabupaten Karawang. Dan 4 desa diantaranya masuk dalam Desa Miskin Ekstrim, dengan masa pendampingan selama 1 tahun.

"Di kecamatan Pedes, Kecamatan Klari, Kecamatan Cibuaya dan Kecamatan Jatisari. Mereka ada yang 1 Kacamatan 2 Desa, ada juga yang 1 Kecamatan 3 Desa. Dan personel yang diturunkan sebanyak 12 orang untuk penempatan di Kabupaten Karawang," Ujarnya

Dijelaskan, tujuan kedatangan Patriot Desa ke Dinkop UKM Kabupaten Karawang sendiri, untuk mengajak berkolaborasi dalam hal pengembangan para pelaku usaha yang ada di desa.

"Mereka datang ke Dinkop UKM untuk berkolaborasi dalam hal pengembangan para pelaku usaha yang ada di desa. Mereka akan membantu dalam proses Nomor Induk Berusaha (NIB) secara online. Dan kita juga akan membantu untuk fasilitasi perbaikan kemasan, legalitas halal, PIRT dan membantu pemasaran produk dari desa binaan mereka agar lebih luas lagi,"ujarnya.

Untuk kedepannya, Ia berharap kolaborasi dengan Patriot Desa dapat berjalan dengan lancar dan sesuai dengan target serta harapan.

"Karena ini sesuai dengan target kita di tahun 2022, kita mulai turun ke desa-desa. Kita ingin menggali potensi desa, dengan tujuan one vilage one product. Mudah-mudahan dengan pendampingan dari Patriot Desa, desa-desa sekitarnya ikut terpacu dalam pengembangan produknya,"pungkasnya.

Editor : Boby

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut