get app
inews
Aa Read Next : Pengedar Uang Palsu Diringkus Polres Karawang, Terancam 15 Tahun Penjara

3 Destinasi Wisata di Kutamaneuh Butuh Sentuhan Pembangunan, Berpotensi Tingkatkan PADes dan PAD

Sabtu, 21 September 2024 | 08:22 WIB
header img
3 Destinasi Wisata di Kutamaneuh Butuh Sentuhan Pembangunan, Berpotensi Tingkatkan PADes dan PAD (Foto : iNewskarawang/Erwin)

KARAWANG, iNewsKarawang.id - Terdapat ada 3 destinasi wisata di Desa Kutamaneuh, yang terdaftar di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Karawang. Tiga destinasi wisata ini sangat berpotensi meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADes) dan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Hal itu diungkap H. Adang Esan selaku Kades Kutamaneuh, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang, Jumat (20/9/2024).

Tiga distinasi wisata tersebut yakni Curug Cipanunda dan Curug Cikarapyak, Situ Cibayat, dan Batu Liang Maung.

Kades Adang menyebut masih perlu pembangunan terhadap 3 wisata tersebut, maka ia berharap adanya bantuan dari pemerintah provinsi maupun pemkab Karawang untuk membangun sarana-prasarana di wisata tersebut.

"Kalau sarana dan prasarana pada tiga destinasi wisata dibangun, tentu akan lebih menarik para wisatawan lokal. Bahkan, sangat mungkin wisatawan dari luar kabupaten atau pun dari provinsi lain akan datang ke sini,"katanya.

Selain untuk menarik para wisatawan, tambah Adang, kalau serius dibangun tiga destinasi wisata ini bisa menjadi ikon atau simbol bagi Desa Kutamaneuh. Terlebih lagi, itu akan meningkatkan roda ekonomi di desanya.

"Memang ada kelemahannya kalau untuk wisata air terjun atau curug di Kampung Tipar dan Bendungan Situ Cibayat kalau lagi kemarau panjang. Baik Curug Cipanunda yang satu aliran di atasnya yaitu Curug Cikarapyak, debit airnya berkurang sehingga alir airnya tidak sebesar saat musim hujan," terangnya.

Menurut Adang, selain pembangunan perlu juga sentuhan penghijauan, namun hal itu harus dibarengi dengan membuat aturan seperti peraturan daerah yang berkaitan dengan penghijauan dan kewisataan, hal itu untuk mencegah orang melakukan penebangan pohon di hutan yang sifatnya ilegal.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut