get app
inews
Aa Read Next : Pengedar Uang Palsu Diringkus Polres Karawang, Terancam 15 Tahun Penjara

Melihat Destinasi Wisata Religi di Galuh Mas yang Baru Diresmikan

Selasa, 17 September 2024 | 22:51 WIB
header img
Melihat Destinasi Wisata Religi di Galuh Mas yang Baru Diresmikan (Foto : Istimewa)

KARAWANG, iNewskarawang.id - Karawang kini memiliki destinasi wisata religi terbaru, Az-Zahra Manasik Center yang berlokasi di Galuh Mas

Pusat pelatihan manasik haji ini diresmikan pada Selasa, 17 September 2024, dengan penandatanganan prasasti oleh Bupati Karawang, Aep Syaepuloh dan Kepala Kemenag Karawang, H. Sopian.

Berada di lokasi strategis, Az-Zahra Manasik Center menjadi pusat kegiatan manasik yang mendukung pembelajaran rukun Islam kelima, terutama bagi anak-anak, pelajar, dan calon jamaah haji serta umrah.

Menurut Tedjasuria Manajer Humas dan Perwakilan Direksi Az-Zahra, pembangunan fasilitas ini dilakukan atas permintaan organisasi mitra di Karawang yang menginginkan pusat manasik haji yang lengkap dan representatif. 

"Sebelumnya, kegiatan manasik dilakukan di tempat lain. Mereka meminta fasilitas khusus di Galuh yang lebih representatif," Kata Tedja, Selasa,(17/9/2024).

Pembangunan dimulai pada tahun 2021 dan selesai pada akhir 2022. Fasilitas ini langsung dimanfaatkan oleh berbagai lembaga pendidikan dan travel umrah untuk kegiatan manasik sepanjang tahun 2023. 

Lanjutnya, Lembaga seperti Badko, IGTKI, FKPQ, IGRA, FKDT, serta berbagai lembaga dari wilayah seperti Bekasi, Subang, dan Bandung, bahkan hingga Cianjur dan Indramayu, turut menggunakan fasilitas ini.

"diharapkan menjadi pusat pembelajaran manasik yang dapat mengedukasi masyarakat sekaligus menarik wisatawan dari luar daerah," Imbuhnya.

Sementara itu Bupati Karawang, Aep Syaepuloh mengapresiasi keberadaan Az-Zahra sebagai pusat manasik haji terbesar di Jawa Barat.

"Az-Zahra menjadi representasi fasilitas terbaik, semoga dapat memberikan edukasi bagi anak-anak dan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD)," ungkapnya.

Kepala Kemenag Karawang, H. Sopian menambahkan, keberadaan Az-Zahra akan mempermudah masyarakat, khususnya pelajar, untuk melakukan simulasi haji dan umrah. 

"Sebelumnya, warga Karawang harus ke tempat lain, kini kita punya tempat yang luar biasa di Karawang sendiri." Ujarnya.

"Dan harusnya, bukan hanya masyarakat Karawang, Az-Zahra Manasik Center ini bisa menjadi magnet simulasi haji dan umroh di Jawa Barat, sehingga bisa meningkatkan pendapatan dan daya pikat Karawang," Tandasnya.

Fasilitas Az-Zahra Manasik Center

Dari pantauan pewarta, Az-Zahra memiliki replika tanah suci seluas 6.000 hektar dengan berbagai fasilitas, antara lain:

1. Replika Shafa dan Marwa
2. Replika Ka'bah
3. Replika Jumrah
4. Zam-zam Tower
5. Terowongan Nuna
6. Bukit Arafah

Selain itu, tersedia juga tempat parkir luas, aula terbuka, toilet di area dalam dan luar, mushala, kurasi, serta akses WiFi gratis.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut