get app
inews
Aa Read Next : Puluhan Ribu Kendaraan Padati Ruas Tol Jagorawi, Usai Berakhirnya Libur Idul Adha

Libur Panjang? Nikmati Wisata Edukatif di 5 Museum Terbaik Jakarta

Senin, 16 September 2024 | 10:28 WIB
header img
Libur Panjang? Nikmati Wisata Edukatif di 5 Museum Terbaik Jakarta (Foto : Istimewa)

JAKARTA, iNewskarawang.id - Libur panjang akhir pekan yang berlangsung dari 14 hingga 16 September 2024 menjadi momen bagi warga Jakarta dan sekitarnya untuk menikmati berbagai destinasi wisata.

Salah satu lokasi yang menjadi sorotan adalah kemacetan parah menuju Puncak, Bogor, akibat padatnya pelancong yang memanfaatkan momen liburan ini. 

Bagi Anda yang ingin menghindari kemacetan tersebut, Jakarta memiliki berbagai alternatif wisata yang cocok dinikmati bersama keluarga, terutama museum. Berikut adalah beberapa museum di Jakarta yang bisa Anda kunjungi selama liburan panjang:

1. Museum Macan


Terletak di Jalan Panjang, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Museum Macan menawarkan koleksi seni modern dan kontemporer dari Indonesia maupun mancanegara. Interior modern dan program pameran yang dinamis membuatnya menjadi destinasi menarik di libur panjang ini.

Tiket masuk Museum Macan dibanderol Rp70 ribu untuk dewasa, Rp60 ribu untuk pelajar, dan Rp50 ribu untuk anak-anak berusia 3-12 tahun.

2. Museum Nasional


Berada di Jalan Medan Merdeka Barat, Gambir, Jakarta Pusat, Museum Nasional menghadirkan sejarah Indonesia dan Belanda. Di bawah pengelolaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, museum ini memberikan edukasi menarik dengan tiket masuk yang sangat terjangkau, yakni Rp15 ribu per orang.

3. Museum Layang-layang


Terletak di Pondok Labu, Jakarta Selatan, Museum Layang-layang tidak hanya menampilkan koleksi layang-layang, tetapi juga berbagai aktivitas kreatif seperti melukis payung, kaos, dan wayang mini, serta kegiatan membatik dan membuat layang-layang. Ini menjadi pilihan seru untuk anak-anak selama liburan.


 

4. Museum Fatahilah


Berlokasi di kawasan Kota Tua, tepatnya di Jalan Taman Fatahilah, Jakarta Barat, museum ini menawarkan wawasan sejarah tentang berbagai pengaruh yang membentuk Jakarta. Bangunan dengan arsitektur khas Belanda ini menyediakan tiket masuk seharga Rp10 ribu pada hari biasa dan Rp15 ribu saat akhir pekan.

5. Galeri Nasional


Terletak di Jalan Medan Merdeka Barat, Galeri Nasional adalah museum seni rupa modern dan kontemporer di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Menariknya, pengunjung bisa menikmati berbagai karya seni di gedung berarsitektur kolonial Belanda ini tanpa dipungut biaya.

Jadi, bagi Anda yang ingin menikmati liburan tanpa harus jauh-jauh ke luar kota dan terjebak kemacetan, museum-museum di Jakarta ini bisa menjadi pilihan menarik untuk dikunjungi bersama keluarga.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut