get app
inews
Aa Read Next : Pengedar Uang Palsu Diringkus Polres Karawang, Terancam 15 Tahun Penjara

Disparbud Persembahkan 'Hareudang Fest' di HUT Karawang ke-391

Kamis, 12 September 2024 | 17:36 WIB
header img
Disparbud Persembahkan 'Hareudang Fest' di HUT Karawang ke-391 (Foto : iNewskarawang.id/Iqbal Maulana Bahtiar)

KARAWANG, iNewskarawang.id - Dalam rangka memeriahkan peringatan HUT Karawang ke-391, Pemerintah Kabupaten Karawang menggelar Gebyar UMKM Pekan Raya Karawang dan Hareudang Fest 2024 di Galeri Bale Indung Nyi Pager Asih, Pemda Karawang, Kamis,(12/9/2024).

Acara yang digelar mulai dari 12 hingga 14 September 2024 itu merupakan salah satu hajat besar bagi pariwisata, budaya, dan ekonomi kreatif di Karawang karena menyajikan promosi pariwisata, atraksi budaya, menampilkan kesenian tradisional-modern, sajian kuliner hingga produk kreatif dari UMKM lokal.

"Ini upaya kami dalam mempertahankan dan melestarikan budaya serta kearifan lokal yang disajikan dalam bentuk atraksi budaya, desain dekoratif dan lomba-lomba tradisional yang penuh dengan nilai-nilai luhur tentang kerja tim dan sportifitas,"ujar Kepala Bidang Destinasi Pariwisata Disparbud Karawang, Lusi Asela, Kamis,(12/9/2024).

Menurut Lusi, ditengah seni dan permainan tradisional yang mulai dilupakan di era teknologi sekarang, acara ini bisa merefleksi kembali ingatan masyarakat soal seni permainan tradisional sehingga bisa merangsang masyarakat untuk memainkan kembali permainan tersebut.

Lusi menyebut momen ini juga akan dimaksimalkan untuk melakukan sosialisasi sadar wisata dan sapta pesona. Sekaligus memperkenalkan bahwa Karawang memiliki potensi pariwisata yang kaya berupa alam, budaya, dan ekonomi kreatif.

"Selain itu ini jadi momen bagi kami untuk menggerakan 5 unsur pentahelix yaitu pemerintah, akademisi, pengelola wisata, masyarakat, dan media, untuk bersama-sama mengawal kemajuan budaya dan pariwisata di Karawang,"paparnya.

Ia berharap acara ini bisa menjadi titik balik bagi masyarakat untuk menjaga dan melestarikan budaya Karawang, terlebih lagi bisa merangsang minat masyarakat untuk berwisata di Karawang.

"semua dekorasi itu menggambarkan wisata dan budaya. Mulai dari gerbang masuk bentuknya itu kampung wisata, sebagaimana ciri khas wisata Karawang yang adanya di desa-desa,"kata Lusi.

Sementara itu, Dalam sambutannya, Bupati Karawang Aep Syaepuloh mengapresiasi kolaborasi antar dinas yang telah berhasil menggelar kegiatan hari ini.

Sebab, Tambahnya, dari kegiatan ini selain memberikan wadah kepada para pelaku umkm juga menjadi momen nostalgia dan membudayakan permainan jaman dulu, karena adanya beragam permainan tradisional yang kini mulai hilang di masyarakat Karawang seperti Egrang, Engklek, Panggal, dan masih banyak lagi.

"Di hari ulang tahun Kabupaten Karawang yang ke 391 ini semoga dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat Kabupaten Karawang, Serta dengan adanya Gebyar UMKM di hari jadi Kabupaten Karawang ini menjadikan seluruh pelaku usaha UMKM di Kabupaten Karawang ini mempunyai wadah untuk melakukan Perputaran Perekonomian di dalam daerah Kabupaten Karawang," kata Bupati.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut