get app
inews
Aa Read Next : Pengedar Uang Palsu Diringkus Polres Karawang, Terancam 15 Tahun Penjara

Lebih 2.000 Mahasiswa Baru Ikuti PKKMB Kampus UBP Karawang

Sabtu, 07 September 2024 | 21:26 WIB
header img
Lebih 2.000 Mahasiswa Baru Ikuti PKKMB Kampus UBP Karawang (Foto : iNewskarawang.id/Iqbal Maulana Bahtiar)

KARAWANG, iNewskarawang.id - Universitas Buana Perjuangan (UBP) Karawang menyelenggarakan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) selama tiga hari, diikuti oleh ribuan mahasiswa dari berbagai daerah. 

Ketua PKKMB UBP Karawang, Ir. H. Ade Suhara, ST., MM., IPU menyampaikan bahwa setiap tahunnya jumlah mahasiswa baru di UBP Karawang tidak pernah kurang dari 2.000 orang.

Lanjutnya, Ia juga mengatakan jika PKKMB UBP Karawang dimulai sejak Jumat, 6 September 2024, dengan agenda pembekalan. Acara dilanjutkan pada Sabtu, 7 September, dan Minggu, 8 September, dengan pengenalan kehidupan kampus. 

"Tahun ini, UBP Karawang menerima 2.249 mahasiswa baru," Ungkapnya pada Sabtu, (7/9/2024), di Kampus UBP Karawang. 

Dari 12 program studi yang tersedia, kata Ade, program studi manajemen menjadi yang paling diminati dengan 420 mahasiswa, diikuti oleh teknik industri dengan 343 mahasiswa, dan psikologi dengan 314 mahasiswa. Mahasiswa baru ini tidak hanya berasal dari Karawang, tetapi juga dari berbagai daerah seperti Aceh dan Sumatera Utara (Medan).

"Jumat diisi dengan pembekalan, Sabtu fokus pada materi akademik dan pengenalan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), dan Minggu mahasiswa diarahkan ke fakultas masing-masing untuk mendapatkan gambaran perkuliahan lebih detail," Jelas Ade.

Kemudian, Rektor UBP Karawang, Prof. Dr. H. Dedi Mulyadi, SE., MM., menambahkan bahwa dari 2.249 mahasiswa baru tersebut, terdapat 42 penerima beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan dua penerima beasiswa hafidz. Para penerima beasiswa akan mendapatkan pembiayaan penuh selama masa kuliah, termasuk biaya wisuda.

Selain itu, Prof. Dedi menekankan pentingnya dua ikon pembelajaran yang wajib dikuasai oleh seluruh mahasiswa UBP Karawang, yaitu wawasan kebangsaan dan kewirausahaan. 

"Semua mahasiswa dari program studi manapun akan mendapatkan materi ini. Meskipun UBP merupakan kampus baru, kami telah banyak menghasilkan produk-produk unggulan, seperti sertifikasi halal untuk UMKM, klinik BUMDes, sekolah advokasi yang telah meluluskan ratusan advokat, hingga produk skincare mahasiswa farmasi yang telah beredar dan mendapat izin BPOM," Paparnya.

Prof. Dedi berpesan kepada mahasiswa baru untuk bersungguh-sungguh dalam menempuh pendidikan dan memperkuat niat agar menjadi lulusan yang berkualitas. 

"Pendidikan bukan hanya soal meraih IPK di atas 3.0, tetapi juga tentang pengembangan karakter, disiplin, dan nilai-nilai kepemimpinan. Kami berharap lulusan UBP Karawang menjadi individu yang berguna bagi nusa, bangsa, dan negara, terutama dalam menyongsong Indonesia Emas 2045," Tandasnya.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut