get app
inews
Aa Read Next : Pengedar Uang Palsu Diringkus Polres Karawang, Terancam 15 Tahun Penjara

Program Konversi Motor Listrik Gratis dari Pupuk Kujang Jadi Upaya Mitigasi Perubahan Iklim

Selasa, 03 September 2024 | 13:58 WIB
header img
Program Konversi Motor Listrik Gratis dari Pupuk Kujang Jadi Upaya Mitigasi Perubahan Iklim (Foto : Istimewa)

KARAWANG, iNewskarawang.id - PT Pupuk Kujang Cikampek mengambil langkah progresif dalam mendukung pemerintah dengan program konversi motor listrik gratis bagi masyarakat. 

Dalam program ini, masyarakat memiliki kesempatan untuk mengubah motor konvensional menjadi motor listrik yang lebih ramah lingkungan, tanpa dipungut biaya.

"Pada tahap awal ini, kami ditugaskan untuk membantu konversi 20 unit motor menjadi motor listrik," ungkap Ade Cahya Kurniawan, Sekretaris Perusahaan Pupuk Kujang, pada Selasa, (3/9/2024).

Lebih lanjut, Ade juga menjelaskan bahwa tidak hanya mendukung secara teknis, Pupuk Kujang juga menyediakan pendanaan penuh untuk proses konversi tersebut. 

"Kami mendanai seluruh proses konversi motor listrik ini, sehingga masyarakat bisa melakukannya tanpa biaya," Jelas Ade.

Menurut Ade, inisiatif ini adalah bagian dari komitmen dalam mendukung transisi energi bersih dan upaya mitigasi perubahan iklim. 

"Melalui program ini, kami membantu pemerintah memudahkan masyarakat beralih ke motor listrik yang lebih ramah lingkungan," Tambahnya.

Masih kata Ade, yang membuat program ini lebih istimewa adalah kolaborasi Pupuk Kujang dengan sejumlah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Karawang dan Purwakarta. Para siswa SMK jurusan otomotif dilibatkan langsung dalam proses konversi motor. 

Dan untuk memastikan kualitas konversi, pihaknya juga menggandeng Bintang Racing Team, sebuah tim balap yang terdiri dari praktisi otomotif berpengalaman. 

"Mereka mendapat pengalaman langsung mengubah mesin motor konvensional menjadi motor listrik dengan bantuan teknologi terbaru, sekaligus mempersiapkan diri menghadapi meningkatnya kebutuhan teknisi motor listrik di masa depan," katanya.

Sebagai bagian dari upaya menyeluruh, kata Ade, Pihaknya juga mulai beralih menggunakan kendaraan listrik untuk operasional perusahaan. 

Dengan langkah-langkah ini, tidak hanya mendorong transisi energi di masyarakat, tetapi juga menyiapkan generasi muda untuk terlibat langsung dalam revolusi teknologi ramah lingkungan yang sedang berkembang pesat.

"Kami secara bertahap mengganti kendaraan operasional dengan motor listrik, termasuk yang digunakan di lingkungan Pupuk Kujang sendiri," Tandasnya.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut