get app
inews
Aa Read Next : Hidayah pun Datang, Wanita Ukraina Meninggal setelah Masuk Islam dan Sedang Puasa Ramadan

Pesawat Terbesar di Dunia Hancur akibat Serangan Rusia

Selasa, 01 Maret 2022 | 12:22 WIB
header img
Pesawat terbesar di dunia, Antonov AN-225 rusak akibat serangan Rusia ke Ukraina. (Ilustrasi/ist).

MOSKOW, iNews.id -  Konflik Rusia ke Ukraina menimbulkan senjumlah kerusakan. Pesawat kargo Antonov-225 milik Ukraina, yang merupakan jenis pesawat terbesar di dunia dihancurkan serangan militer Rusia

Pesawat terbesar di dunia itu dilaporkan rusak dalam serangan Rusia ke Ukraina. Seorang pejabat Ukraina mengatakan, pesawat itu sedang diparkir di bandara Homstel dekat Kota Kiev saat terkena serangan pasukan Rusia pada Jumat pekan lalu.

Produsen pesawat, Antonov disebutkan akan merestorasi kembali pesawat kargo itu yang diperkirakan menghabiskan biaya sekitar 3 miliar dolar AS atau sekitar Rp42 triliun. 

Meski demikian dalam cuitannya, Antonov menyatakan belum mengetahui pasti kondisi terakhir pesawat sampai ada ahli yang memeriksanya.

Pada Minggu (27/2/2022), perusahaan pertahanan Ukraina yang mengelola Antonov, Ukroboronprom, menjelaskan pesawat akan dibangun kembali menggunakan uang dari Rusia. 

"Perbaikan diperkirakan menghabiskan lebih dari 3 miliar dolar AS dan memakan waktu lebih dari 5 tahun. Tugas kami adalah memastikan biaya ini ditanggung oleh Federasi Rusia, yang menyebabkan kerusakan disengaja pada penerbangan Ukraina dan sektor kargo udara," bunyi pernyataan, seperti dilaporkan kembali The Sun, Senin (28/2/2022).

Seorang direktur Antonov Airlines mengatakan, saat serangan berlangsung pesawat tak bisa lepas landas karena salah satu mesinnya dibongkar untuk perbaikan.

Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba mengecam serangan terhadap pesawat yang punya banyak jasa itu. AN-225 pernah mengirim bantuan setelah gempa bumi di Haiti pada 2010 serta pasokan medis selama pandemi Covid-19.

"Rusia mungkin telah menghancurkan 'Mriya', tapi mereka tidak akan pernah bisa menghancurkan impian kita tentang negara Eropa yang kuat, merdeka, dan demokratis. Kita akan menang!" kata Kuleba, dalam cuitan.

Belum dapat dipastikan seberapa parah kerusakan pesawat tersebut. Antonov AN-225 atau juga dikenal dengan Mriya atau 'Mimpi' merupakan pesawat terberat yang pernah dibuat dan telah beroperasi selama lebih dari 30 tahun.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut