get app
inews
Aa Read Next : Pengedar Uang Palsu Diringkus Polres Karawang, Terancam 15 Tahun Penjara

Viral Desa di Karawang Suasananya seperti di Borobudur, Harus Dikunjungi Sekali Seumur Hidup

Rabu, 21 Agustus 2024 | 15:10 WIB
header img
Desa di Karawang sangat menarik untuk dijelajahi. Karawang, salah satu kota di Jawa Barat, menawarkan pemandangan yang menakjubkan. Foto: Instagram

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Desa di Karawang sangat menarik untuk dijelajahi. Karawang, salah satu kota di Jawa Barat, menawarkan pemandangan yang menakjubkan.

Keindahan destinasinya setara dengan Bandung dan Bogor, terutama di Kecamatan Batujaya dan Pakisjaya. Di sini terdapat percandian megah dan eksotis yang kemegahannya tidak kalah dengan Borobudur di Magelang.

Pada Maret 2019, percandian di sini ditetapkan sebagai situs candi tertua dan menjadi destinasi wisata budaya. 

Tempat ini dikenal sebagai Percandian Batujaya, yang terletak di Desa Segaran, Kecamatan Batujaya, dan Desa Telukbuyung, Kecamatan Pakisjaya, Karawang. Kompleks percandian ini mencakup area seluas 500 hektare, terbagi menjadi zona inti seluas 337 hektare dan zona penyangga.

Terdapat sekitar 62 situs candi peninggalan Kerajaan Tarumanegara dari abad ke-5 hingga ke-7 Masehi. Dari jumlah tersebut, empat situs candi telah dipugar, yaitu Candi Jiwa, Candi Blandongan, Candi Serut, dan Candi Sumur. Candi-candi ini diduga merupakan tempat peribadatan masyarakat Hindu-Buddha pada masa lalu.

Instagram @ayodolan menulis: "Percandian Batujaya terletak di Kecamatan Batujaya dan Pakisjaya. Kompleks candi ini merupakan peninggalan sejarah besar dan saksi kehidupan zaman prasejarah di Jawa Barat. Situs ini disebut percandian karena terdiri dari kumpulan candi yang tersebar di beberapa titik, di antaranya yang terkenal adalah Candi Jiwa dan Candi Blandongan. Foto dolan dari @ervinerwin."

Editor : Sazili MustofaEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut