get app
inews
Aa Read Next : Breaking News!Timnas Indonesia Turunkan Line Up Terbaik Hadapi Australia di 16 Besar Piala Asia 2023

Berikut Deretan Pemain Sepakbola yang Meredup Sebelum Berlaga di Timnas Senior

Kamis, 18 Agustus 2022 | 16:52 WIB
header img
5 Pemain Muda Indonesia yang Meredup Sebelum Tampil di Timnas Senior. (Foto: Instagram/syamsir11alam)

5 pemain muda Tim Nasional (Timnas) Indonesia yang meredup sebelum tampil di level senior akan dibahas di artikel ini. Indonesia sejatinya memiliki banyak sekali talenta-talenta muda yang menjanjikan, terbukti dari keberhasilan Timnas Indonesia U-16 yang menjuarai Piala AFF U-16 2022.

Kendati demikian, tak semua pemain muda tersebut dapat tampil konsisten setelah sempat gemilang di usia muda. Beberapa pemain muda Timnas Indonesia ada meredup duluan bahkan sebelum bisa tampil di level senior.

Tentunya hal itu harus diwaspadai oleh pasukan Bima Sakti saat ini. Para penggawa Timnas Indonesia U-16 tak boleh ikut-ikutan layu sebelum berkembang di Timnas Indonesia senior.

Lantas siapa saja pemain muda Timnas Indonesia yang meredup sebelum tampil di level senior?

Berikut 5 Pemain Muda Timnas Indonesia yang Meredup Sebelum Tampil di Level Senior:

1. Maldini Pali

Maldini Pali sempat bersinar di Timnas Indonesia U-19. Ia pun digadang-gadang bakal menjadi salah satu winger andalan di timnas senior.

Kendati demikian, karier Maldini Pali justru meredup. Sempat bermain untuk PSM Makassar, ia pun pindah ke Sriwjaya pada 2017. Namun, Maldini Pali hanya bertahan beberapa bulan saja karena setelahnya ia dilepaskan ke Persiba.

Maldini juga sempat bermain untuk Bhayangkara FC, namun pada Januari 2019 ia pindah lagi ke Kalteng Putra. Saat ini Maldini Pali masih bermain di Kalteng Putra di Liga 2.

2. Ravi Murdianto

Ravi Murdianto saat ini bermain di Liga 2 bersama Persikab. Tentunya tak ada yang menyangka Ravi justru berjibaku di kasta kedua dan tidak bermain di Liga.

Padahal dulu Ravi merupakan salah satu kiper yang menjanjikan karena penampilan apiknya bersama Timnas Indonesia U-19 pada 2013 silam. Ia pun sejauh ini belum dipercaya untuk bermain di timnas senior.

3. Muchlis Hadi

Muchlis Hadi saat ini berstatus tanpa klub, bahkan sejak 2020. Padahal dulu ia pernah bermain untuk tim-tim besar seperti Persib Bandung dan Bhayangkara FC. Namun, penampilannya tak pernah menjanjkan.

Klub terakhir Muchlis adalah Persib. Sejak saat itu, tak ada tim yang tertarik dengan pemain berusia 25 tahun tersebut.

4. Yandi Sofyan

Yandi Sofyan memiliki karier yang terbilang luar biasa karena beberapa kali pernah bermain di luar negeri. Ia pernah bermain di Uruguay untuk ikut program SAD, ia juga sempat main di Australia dengan gabung Brisbane Roar, dan di Eropa bersama klub CS Vise yang mentas di Liga Belgia.

Kendati demikian, di level timnas Yandi Sofyan belum pernah sama sekali dipercaya untuk membela Timnas Indonesia. Paling mentok ia bermain untuk Timnas Indonesia U-23. Untuk saat ini Yandi bermain di Persikabo 1973.

5. Syamsir Alam

Syamsir Alam pernah bergabung dengan program latihan Sociedad Anonima Deportiva (SAD) ke Uruguay selama empat tahun. Ia juga mampu tampil luar biasa kala membela Timnas Indonesia U-19 di Kualifikasi Piaal Asia U-19 2007.

Berkat performanya yang kian menjanjikan, Syamsir Alam pun dipercaya bermain di beberapa klub luar negeri. Sebut saja seperti Club Atletico Penarol, SC Heerenveen, SBV Viteese, hingga CS Vise di Belgia.

Penampilan Syamsir terus berkembang dan dipanggil membela Timnas Indonesia di SEA Games 2013. Singkat cerita, Syamsir mencoba peruntungan bermain di Indonesia, namun ia justru gagal berkembang bersama Sriwijaya FC, Pelita Bandung Raya, hingga Persiba Balikpapan.

Lalu pada 2016, Syamsir banting stir menjadi selebriti. Untungnya, ia tidak lama melepaskan profesinya sebagai pesepakbola. Pada 2021 ia kembali bermain dengan bergabung RANS FC di Liga 2.

Kini Syamsir pun masih bermain di RANS Nusantara FC di Liga 1 2022-2023 setelah sukses promosi dari musim lalu.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut