get app
inews
Aa Read Next : Catatan Disnakertrans: Hingga Agustus 2024, 2.242 Karyawan di Perusahaan Karawang Terkena PHK

Pencaker Curigai Kecurangan Seleksi Kerja di Karawang Hingga Pengangguran Numpuk

Kamis, 13 Juni 2024 | 13:42 WIB
header img
Foto : Ilustrasi/Sindonews.com

KARAWANG, iNewskarawang.id - Proses rekrutment tenaga kerja di salah satu perusahaan Karawang, Jawa Barat dicurigai curang oleh sejumlah pencari kerja (pencaker). Parahnya, diduga ada sejumlah pencaker titipan dalam proses rekrutment tersebut.

Warga Karawang berinisial WS (25), menuturkan di akhir tahun 2023 lalu, dirinya melamar di sebuah perusahaan melalui website infoloker.karawangkab.go.id milik Disnakertrans Karawang dengan batas usia maksimal 25 tahun.

Kemudian ia lolos dan mendapat panggilan untuk mengikuti psikotes yang digelar di kantor Disnakertrans Kabupaten Karawang.

"Dalam psikotes tersebut dibagi menjadi dua gelombang dengan masing-masing diambil 10 orang untuk lolos melanjutkan ke tahap interview di perusahaan, jadi total yang mengikuti interview sebanyak 20 orang," ucapnya, Rabu (12/6).

Saat interview dimulai, para pelamar kembali dibagi dua gelombang dengan masing-masing 10 orang. 

Dari sana lah kejanggalan mulai nampak saat WS melihat pelamar yang ikut tes interview perusahaan jumlahnya lebih banyak dibanding jumlah pelamar yang lolos psikotes di Disnakertrans Karawang.

"Nah di situ saya juga sempat ngobrol dengan orang yang sama-sama interview dan katanya usianya sekitar 30 tahun. Sedangkan batas usia pada info loker Karawang 25 tahun."

"Pada saat tes interview itu saya tidak lolos, jadi saya menilai banyak pelamar titipan sehingga untuk mendapatkan pekerjaan dengan jalur murni 1 berbanding 1000. Loker di Disnakertrans seperti formalitas saja," sesalnya.

Sementara itu, warga Karawang lainnya berinisial M (22) mengatakan, dirinya heran saat mengikuti psikotes di Disnakertrans Karawang, terdapat pelamar kerja yang tidak terdaftar mengikuti psikotes tetapi tetap diikutsertakan dengan menyebut clue nama seseorang.

"Aneh juga dia bisa ikut, karena pada saat itu orang tersebut ditanya oleh petugas yang di sana bawaan siapa, dia pun menyebutkan nama lalu dipersilahkan untuk ikut psikotes oleh petugas di sana. Untuk namanya yang disebutkannya itu saya lupa lagi," terangnya.

Kepala Bidang Penetapan Tenaga Kerja (Pentaker) Disnakertrans Karawang, Sony mengaku akan melakukan konfirmasi terlebih dahulu kepada pihak perusahaan yang bersangkutan. 

Karena menurut dia, pihak Disnakertrans Karawang hanya melaksanakan regulasi untuk perekrutan calon tenaga kerja.

"Ok, saya konfir dulu ke perusahaan na, kalau ada indikasi seperti itu. Karena untuk wawancara dan pemanggilan kandidat sepenuhnya kewenangan perusahaan. Kalau dari pihak kami yang penting mereka sudah melaksanakan regulasi untuk rekrut melalui infoloker online. Tapi nanti kita kroscek," jelas Sony.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut