get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Keistimewaan Wafat di Hari Jum'at

Jum'at, 18 Februari 2022 | 13:10 WIB
header img
Ilustrasi. (Foto: iNews.id/ist)

JAKARTA, iNews.id - Dalam sepekan, ada hari yang sangat istimewa yakni hari Jum'at. Hari Jum'at merupakan hari yang spesial dalam Islam.

Keistimewaan hari Jum'at sudah ada sejak masa kenabian Nabi Muhammad SAW. Mengenai keistimewaan hari Jum'at, tertuang juga dalam hadits Rasulullah SAW yang diriwayatkan Imam Tirmidzi dan Muslim. Adapun bunyi haditsnya yaitu sebagai berikut:

"Sebaik-baik hari yang pada hari itu mata hari terbit adalah hari Jum'at, pada hari itu Adam diciptakan. Pada hari itu ia dimasukkan ke surga dan pada hari itu ia dikeluarkan dari surga dan tidak akan terjadi hari kiamat kecuali pada hari Jum'at.”

Bila ada Muslim yang wafat maka menjadi salah satu sebab diselamatkan dari siksa kubur. Tentang hal ini dijelaskan dalam hadis yang sahih.

Adapun yang menjadi dalil dari hal tersebut yakni: Hadits ‘Abdullah bin ‘Amr Radhiyallahu anhu, beliau berkata, “Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Tidaklah seorang muslim meninggal pada hari Jum’at atau malamnya, kecuali Allah akan men-jaganya dari fitnah kubur.”

Al-Hakim at-Tirmidzi berkata, “Siapa saja yang meninggal pada hari Jum'at, maka penutup yang ada padanya di sisi Allah akan terbuka, karena pada hari Jum'at api Neraka tidak dinyalakan dan pintu-pintunya pun ditutup, penjaganya tidak bekerja seperti pada hari-hari biasanya.

Begitupula sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam:
"Jika seorang manusia meninggal, maka semua amalnya terputus kecuali tiga hal; sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan do’a anak yang shalih.”

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut