get app
inews
Aa Read Next : Namanya Money, Kucing Tajir Rayakan Ultah Mewah di Louis Vuitton

Wow Mendadak Viral, Kelapa Bakar Indonesia Jadi Buruan Netizen Luar Negeri

Selasa, 16 April 2024 | 13:13 WIB
header img
Kelapa Bakar. (Foto: X)

JAKARTA, iNewsKarawang. id-Masyarakat tentunya sudah tidak asing lagi dengan buah kelapa

Terlebih, kelapa menjadi salah satu minuman yang cukup mudah ditemukan di Indonesia. Misalnya jika anda sedang mampir ke daerah pantai, maka akan semakin mudah menemukan penjual kelapa.

Dibalik buah Kelapa ternyata memiliki segudang manfaat yang bagus untuk tubuh, salah satunya yaitu mengandung elektrolit yang bisa membantu menghidrasi tubuh. Maka tak heran banyak orang yang minum air kelapa ketika menghadapi cuaca panas.

Jika biasanya kelapa disajikan dengan es dan gula, namun berbeda dengan minuman kelapa yang satu ini, yaitu kelapa bakar. Sesuai dengan namanya, kelapa ini melalui proses pembakaran terlebih dahulu sebelum akhirnya disajikan.

Minuman kelapa bakar ini juga sudah banyak dijual di beberapa daerah di Indonesia lho. Melansir akun X @gunsnrosesgirl3, salah satu netizen dari luar negeri membagikan sebuah video yang berisikan tentang proses pembuatan kelapa bakar.

Kelapa muda dibakar terlebih dahulu menggunakan sebuah alat bakaran yang bagian bawahnya terdapat api panas. Kemudian kelapa hijau ditaruh di atas tungku tersebut dan ditutup bagian atasnya agar seluruh bagian kelapa terbakar sempurna.

Apabila seluruh bagian kelapa sudah kehitaman dan sudah berasap, maka kelapa tersebut sudah terbakar sempurna dan siap untuk di kupas kulitnya. 

Bahkan pedagang tersebut mengupas bagian kulit kelapa bakar dalam keadaan yang masih sangat panas dan masih mengeluarkan asap. Kulit kelapa yang kehitaman akan diiris dengan pisau agar tidak meninggalkan noda pada para pembelinya.

Setelah itu, kelapa tersebut ditaruh ke sebuah wadah mangkuk dan siap disajikan dalam kondisi hangat. Sensasi segar tetap terasa meskipun disajikan dalam kondisi hangat.

Kelapa bakar ini juga terkenal dengan manfaatnya yang baik untuk kesehatan. Bahkan para netizen dari belahan dunia merasa ingin mencoba kelapa bakar secara langsung, lantaran unik dan jarang ditemui di negara lain. 

"Haven't tested Roasted coconut before, how does it taste? (Belum pernah merasakan kelapa bakar sebelumnya, bagaimana rasanya?),” kata akun @roz****

"Interesting way to serve coconut but I’m in. Is it good? I’d love to give it a try! (Cara unik untuk menyajikan kelapa tapi aku tertarik, apakah enak? Aku ingin mencobanya),” ujar akun @tmi****

“That looks good. Makes me think of roasted chestnuts. (Itu terlihat enak. Membuatku teringat pada chestnut panggang),” sahut akun @sci****

“Roast coconut street food in Indonesia is a must-try for foodies visiting the country. (Jajanan kaki lima kelapa panggang di Indonesia wajib dicoba bagi pecinta kuliner yang berkunjung ke tanah air),” jelas akun @dda****.

Editor : Boby

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut