get app
inews
Aa Read Next : Pertemuan Tingkat Menteri Indonesia-UEA : Bahas Investasi IKN, PLTS hingga Penemuan Gas di Andaman

Disebut-sebut 5 Provinsi di RI Jadi Primadona Investasi pada 2024, Salah Satunya Jawa Barat

Rabu, 27 Maret 2024 | 21:13 WIB
header img
5 provinsi jadi primadona investasi 2024 (Foto: Shutterstock)

JAKARTA, iNewsKarawang.id-Laporan Grant Thornton Indonesia bertajuk Unraveling Indonesia Prospects in 2024 mengungkap ada lima provinsi yang bakal menjadi pusat perhatian di 2024.

Pasalnya lima provinsi tersebut digadang-gadang menjadi primadona investasi pada tahun ini  yakni Maluku Utara, Sulawesi Tengah, Kalimantan Timur, Jawa Barat, dan Riau.

"Provinsi ini memiliki lanskap ekonomi yang unik dan menjanjikan, serta menawarkan beragam peluang investasi di Indonesia,"ungkap CEO Grant Thornton Indonesia Johanna Gani saat konferensi pers, Rabu, 27 Maret 2024.

Johanna mengungkapkan, laporan tersebut memberikan pandangan yang komprehensif kepada investor domestik dan luar negeri terhadap potensi investasi di Indonesia.

 Selain itu, laporan ini akan memberikan pandangan untuk pemangku kepentingan dalam pengambilan keputusan yang berkelanjutan di tengah tahun politik yang dinamis.

"Kami berkomitmen untuk terus mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia dengan menyediakan wawasan yang mendalam dan akurat kepada pelaku usaha. Laporan ini adalah langkah kami dalam memenuhi komitmen tersebut. Kami berharap dapat menjadi mitra yang dapat diandalkan bagi semua investor yang tertarik pada potensi Indonesia," kata Johanna.

Adapun pemilihan lima provinsi ini menilik dari kondisi ekonomi Indonesia pada 2023. Alasan pemilihan kelima provinsi tersebut, yakni dua provinsi memiliki nikel terbesar (Maluku Utara dan Sulawesi Tengah), satu provinsi karena IKN (Kaltim), dan dua lainnya karena pertumbuhan ekonomi tertinggi (Jabar dan Riau).

"Sebagai titik fokus bagi investor domestik maupun asing yang mencari pertumbuhan berkelanjutan pada 2024. Provinsi-provinsi ini berada di garis depan narasi ekonomi dinamis Indonesia.

Dirangkum redaksi dalam laporan teranyar Grant Thornton, berikut lima provinsi yang menjadi primadona tujuan investasi di 2024:

1. Jawa Barat

Provinsi ini merupakan sentra manufaktur di Indonesia. Sehingga terus menarik investor dengan keahlian manufakturnya yang unggul, serta memiliki potensi dalam industri kendaraan listrik (electric vehicle).

2. Kalimantan Timur

Proyek Ibu Kota Nusantara (IKN) membuat provinsi ini menjadi 'seksi' bagi investor. Proyek IKN yang revolusioner diklaim menjanjikan pertumbuhan ekonomi yang kuat.

3. Maluku Utara

Provinsi ini dikenal dengan industri nikel yang berkembang. Sehingga dinilai menjadi pemain kunci di pasar global.

4. Sulawesi Tengah

Provinsi ini menonjol dengan praktik agribisnis yang berkelanjutan secara strategis, meningkatkan ketahanan dan pertumbuhan.

5. Riau

Provinsi ini memiliki fokus pada praktik agribisnis yang berkelanjutan. Serta menunjukkan komitmen terhadap keseimbangan lingkungan dan ekonomi.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut