get app
inews
Aa Read Next : DPPKB Bersama Disparbud Gelar Acara Seniman Peduli Kependudukan di Karawang Barat

Sekolah Lansia Hidayatul Magfiroh Jadi Percontohan di Karawang

Kamis, 29 Februari 2024 | 21:39 WIB
header img
Sekolah Lansia Hidayatul Magfiroh Jadi Percontohan di Karawang/iNewsKarawang.id

KARAWANG, iNewsKarawang.id- Dinas Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Karawang Bersama BKKBN Jawa Barat meresmikan Sekolah Lansia pertama yang menjadi percontohan di Kabupaten Karawang pada Kamis, (29/02/ 2024).

Sekolah Lansia ini berlokasi di Desa Karangjaya, Kecamatan Pedes di beri nama Hidayatul Magfiroh. Selain menjadi sekolah lansia percontohan pertama di Karawang, juga menjadi percontohan oleh BKKBN Jawa Barat.

Sebab, pengelolaannya dianggap baik dan mendapatkan dukungan kuat dari seluruh stakeholder terkait, baik di tingkat provinsi, kabupaten, kecamatan, hingga pemerintah desa.

Sekertaris DPPKB Karawang, Imam Bahanan mengatakan, Sekolah Lansia Hidayatul Magfiroh merupakan sekolah lansia ketiga di Karawang setelah Kecamatan Tirtamulya dan Cilamaya Kulon. 

Kata Imam, seluruh pengelola sekolah ini sudah melalui training oleh BKKBN dan memiliki ruang kelas yang mumpuni untuk kegiatan para lansia.

"Kami targetkan satu kecamatan memiliki satu sekolah lansia. Saat ini sudah berjalan satu desa satu bina keluarga lansia. Mudah-mudahan Sekolah Lansia Kecamatan Pedes bisa menjadi contoh untuk kecamatan lainnya," ungkap imam

Imam juga mengungkapkan, hadirnya sekolah lansia sejalan dengan program Bangga Kencana tentang pembinaan keluarga sejahtera. Pada usia senja, lansia rentan terkena penyakit dan tidak produktif. Melalui sekolah lansia, para kader KB akan mengajarkan banyak hal agar lansia di Karawang tetap sehat dan mandiri di usia senjanya.

"Sekolah Lansia ini bekerja sama dengan Lembaga Peduli Lansia Indonesia melalui Indonesia Ramah Lansia. Sekolah Lansia Kecamatan Pedes ini juga sebagai sekolah perdana yang dibiayai BKKBN Jawa Barat akan melakukan 10 kali kegiatan sepanjang tahun 2024 ini," paparnya.

"Dengan adanya sekolah ini, kami ingin mencetak lebih banyak lulusan sekolah lansia disini sebagai tolak ukur keberhasilan program Bangga Kencana di Karawang," lanjutnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah Lansia Hidayatul Magfiroh, Sarip Hidayat mengatakan, Sekolah Lansia yang ia kelola saat ini merupakan turunan dari Bina Keluarga Lansia (BKL) di Desa Karangjaya yang berdiri sejak tahun 2021. 

"Saat ini, jumlah siswa di kelas lansia yang saya kelola sebanyak 30 orang dan akan belajar di satu ruang kelas yang sudah di siapkan," ujarnya.

Ia berharap sekolah lansia ini berjalan, berkembang dan bermanfaat untuk warga sekitar, khususnya para lansia di Kecamatan Pedes.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut