get app
inews
Aa Read Next : Pengedar Uang Palsu Diringkus Polres Karawang, Terancam 15 Tahun Penjara

Bulog Langsung Terjun, Pembeli Senang Harga Beras Turun

Senin, 26 Februari 2024 | 19:02 WIB
header img
Bulog Langsung Terjun, Pembeli Senang Harga Beras Turun (Foto : iNewskarawang.id/Frizky Wibisono)

KARAWANG, iNewskarawang.id - Guna menyikapi perkembangan harga beras, Pemimpin Cabang Perum BULOG Karawang Umar Said dalam keterangannya di Karawang menyatakan bahwa sudah sejak minggu lalu BULOG menggelontorkan komoditi pangan murah melalui Program BULOG SIAGA (akSI Amankan harGA) dengan terjun langsung ke masyarakat yang dilaksanakan di Wilayah Kabupaten Karawang, Kabupaten dan Kota Bekasi

“Kegiatan ini merupakan respon konkrit BULOG untuk memberikan akses lebih luas ke masyarakat sehingga masyarakat tidak lagi mengalami kesulitan untuk memperoleh komoditi pangan murah," jelasnya. 

BULOG SIAGA ini akan menjual Beras SPHP (Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan), Beras Premium dan komoditas pangan lainnya secara langsung kepada masyarakat di hampir 80 titik secara rutin harian dan terjadwal hingga menjelang Hari Raya Idul Fitri nanti di seluruh wilayah kerja BULOG KC Karawang. 

"Program ini dilaksanakan guna mendekatkan pasokan beras ke masyarakat. Saya berharap kebutuhan masyarakat segera terpenuhi sehingga dapat sekaligus menekan belanja masyarakat yang akan berdampak pada harga beras bisa lekas stabil," tambah Umar. 

Sementara itu Diah (50 tahun) warga Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi, merasa sangat senang dengan program yang dilaksanakan BULOG hari ini di wilayah kelurahannya. 

"Lumayan Bulog nyamperin kesini, jadi saya ga perlu jauh-jauh buat beli beras. Saya tadi beli beras SPHP soalnya kualitasnya bagus, rasanya enak, pulen, dan lebih murah daripada kalau saya beli di pasar," ujarnya 

Lebih lanjut lagi, dirinya menekankan bahwa disamping beras SPHP yang digelontorkan langsung ke masyarakat. BULOG juga merasa perlu memastikan penyediaan pasokan beras di pedagang pengecer, pasar tradisional, dan retail modern.  

“Sejak Januari 2024 hingga hari ini, 26 Februari 2024, BULOG Karawang telah menyalurkan beras SPHP sebanyak 2.600 ton. Jumlah tersebut sejak seminggu lalu telah kami tingkatkan hingga 2 – 3 kali lipat penyalurannya. Pasar Johar Karawang yang merupakan pasar grosir beras sudah digelontorkan beras SPHP sebanyak 200 – 300 ton per hari hingga total sekitar 2.000 ton hingga akhir Februari ini,” ujar Umar. 

Umar juga menerangkan bahwa BULOG Karawang juga akan menyalurkan secara masif beras SPHP ke pedagang pengecer maupun pasar tradisional di luar pasar Johar sebanyak 100 – 150 ton per hari hingga total sekitar 1.000 ton hingga akhir Februari ini. Selain itu BULOG KC Karawang untuk memastikan pasokan tetap stabil di pasar retail modern, pihaknya telah bekerjasama dengan 8 – 10 toko retail modern yang akan dilayani secara bergiliran sesuai dengan kebutuhan. 

“Upaya yang kami lakukan dengan membanjiri beras SPHP di Pasar Johar Karawang ini cukup membuahkan hasil, dari pantuan kami harga beras disana sudah mulai turun sebesar Rp.1.000 – Rp.1.500 per kilogram,” tukas Umar. 

Selanjutnya menurut para pembeli di pasar Johar Karawang menjelaskan bahwa harga beras saat ini sudah mulai turun dan lebih terjangkau. “Saya senang harga beras hari ini sudah mulai turun,” ujar Iin, Pembeli beras di Pasar Johar. “Sudah 3 hari ini harga beras  turun terus, saya beli beras sudah murah dan kualitasnya lebih bagus,” timpal Rini, Pembeli beras di Pasar Johar. 

BULOG akan terus melakukan intervensi ke pasar-pasar induk, pasar tradisional dan retail-retail modern melalui program SPHP termasuk langsung terjun ke masyarakat guna menyikapi harga beras saat ini. “Stok beras yang kami kuasa saat ini sangat cukup hingga total 9.000 ton dan masih akan terus bertambah. Dukungan dari semua stakeholder dan pemerintah daerah sangat diperlukan agar program SPHP ini dapat berjalan lancar sehingga upaya stabilisasi harga beras dan pemenuhan kebutuhan masyarakat dapat tercapai,” tutup Umar.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut