get app
inews
Aa Read Next : Awali Tahun 2024, UBP Karawang Sabet 3 Juara Nasional

UBP Kenalkan Budaya Karawang ke UiTM Malaysia

Sabtu, 24 Februari 2024 | 19:34 WIB
header img
UBP Kenalkan Budaya Karawang ke UiTM Malaysia (Foto : iNewskarawang.id/Yogi Kurnia)

KARAWANG, iNewskarawang.id - Universitas Buana Perjuangan (UBP) Karawang kenalkan budaya Indonesia terutama budaya Karawang kepada mahasiswa Universitas Teknologi MARA (UiTM) Shah Alam Malaysia lewat program Cultural Exchange.

Rektor UBP Karawang, Prof. Dr. Dedi Mulyadi, SE., MM., mengatakan, saat ini UBP Karawang kedatangan 10 orang mahasiswa dan 2 dosen pendamping nya yang merupakan peserta program pertukaran merdeka belajar yang digagas pemerintah.

"Selama di Karawang, mereka semua belajar arti keberagaman dengan kondisi kebudayaan, bahasa, dan suasana belajar yang  berbeda," ungkapnya, Sabtu 24, Februari 2024.

Ia juga memparakan, Cultural exhchange yang di kenalkan kepada para peserta ini mulai dari lokasi pelaku UMKM, kemudian menuju situs bersejarah Candi Jiwa di Batujaya dan Tugu Proklamasi Rengasdengklok.

"Kegiatan ini sebetulnya, sudah digagas UBP Karawang sejak tahun 2017 setelah melakukan penandatangan bersama UiTM Malaysia terkait program pertukaran mahasiswa dan kolaborasi kegiatan pembelajaran lainnya," paparnya.

Prof. Dedi juga menjelaskan bahwa kegiatan Kolaborasi ini sebagai wujud visi-misi UBP Karawang yang bereputasi internasional berwawasan kebangsaan.

"Dan kami juga banyak menjalin kerjasama dengan sejumlah perguruan tinggi lainnya di luar negeri," jelasnya.

Disamping itu, Dosen UiTM Puan Siti Aisyah mengungkapkan kedatangannya ke Karawang ini tentu menjadi pelajaran berharga bagi dirinya sebagai dosen dan juga mahasiswanya.

Para mahasiswa bisa lebih mengetahui kultur budaya warga Indonesia khususnya di Karawang. Mulai dari pengembangan UMKM dan pendalaman pemahaman sejarah.

"Kami ucapkan terima kasih kepada bapak rektor UBP Karawang Prof Dedi Mulyadi dan civitas UBP atas kolaborasi ini," timpal dia saat di wawancara.

Mahasiswi UiTM Malaysia, Nurul Syazwani mengaku senang saat mengikuti program culture exchange ini. Dirinya juga mengatakan banyak mendapatkan pengalaman belajar dan informasi baru di Karawang.

"Saya takjub, ternyata di Karawang ada situs-situs bersejarah seperti candi jiwa dan blandongan dan itu dijaga," katanya.

Tak hanya itu, dia menilai warga Karawang sangat ramah dan juga masakannya yang sangat enak.

"Senang sekali, dan banyak mendapatkan pengalaman dan pengetahuan tentang Karawang," katanya.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut