Logo Network
Network

Menko PMK Soroti Maraknya Kasus Perundungan di Sekolah

Binti Mufarida/ Boby
.
Kamis, 22 Februari 2024 | 18:06 WIB
Menko PMK Soroti Maraknya Kasus Perundungan di Sekolah
Menko PMK Muhadjir Effendy (Foto: MPI)

JAKARTA, iNewsKarawang.id-Kasus perundungan (bullying) yang melibatkan Geng SMA Binus Serpong (Binus School Serpong) mendapat perhatian dari Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy.

 “Pokoknya kita harus selalu waspada namanya bullying itu peristiwa yang hampir terjadi setiap saat,” tandasnya kepada awak media di Istana Wakil Presiden (Wapres), Kamis (22/2/2024).

Lanjut Muhadjir, saat ini yang penting adalah pencegahan dari sisi edukasi yakni mengedukasi kepada anak-anak tentang buruknya bullying.

Muhadjir mengatakan, langkah preventif harus dilakukan agar tidak terjadi lagi kasus bullying di sekolah seperti terjadi di Geng SMA Binus Serpong. “Kita harus berusaha untuk mencegah kemungkinan-kemungkinan terjadinya bullying.”terangnya.

Menurut Muhadjir, yang harus diwaspadai oleh para guru dan pimpinan sekolah untuk mencegah terjadi bullying di sekolah seperti di dalam teori psikologi sosial clique. “Biasanya bullying itu tidak dilakukan orang perorang tapi oleh clique, oleh komplotan, anak-anak geng, ya itu kalau teori clique di biasanya orang itu akan mencari bergerombol atau berkumpul itu dengan suatu kesamaan dan itu guru harus mewaspadai betul ya.”tuturnya.

"Dan itu bisa terjadi di semua sekolah itu misalnya sama-sama merasa cantik aja bisa kumpul menjadi satu clique sama-sama dan merasa dari keluarga duit bisa menjadi clique. Jadi ini harus diwaspadai,” sambungnya.

Kemudian, kata Muhadjir, jika sudah ada kejadian bullying maka harus segera dilakukan langkah-langkah pemulihan termasuk konsultasi atau bimbingan tidak hanya pada korban namun juga pelaku.

“Dan tidak hanya kepada yang menjadi korban termasuk juga yang melakukan karena melakukan ini karena mereka yang belum dewasa pada siswa dia butuh treatment juga, butuh treatment jangan sampai nanti menjadi perilaku dia yang kambuhan,” pungkasnya.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.