get app
inews
Aa Read Next : Real Count KPU Sementara Pileg DPRD Karawang : NasDem Tertinggi, Golkar-PKS Bersaing Ketat

Tak Memadai Sinyal Internet,KPPS di NTT Naik Meja hingga Panjat Pohon Unggah Hasil Pemilu ke Sirekap

Sabtu, 17 Februari 2024 | 12:30 WIB
header img
Petugas KPPS kesulitan unggah hasil pemilu ke Sirekap (Foto: Ponsius Econg)

MANGGARAI BARAT, iNewsKarawang.id-Akibat tak memadainya sinyal internet menjadi salah satu kendala serius bagi petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), Nusa Tenggara Timur (NTT).

Ketua KPU Kabupaten Manggarai Barat, Krispianus Bheda mengakui hal itu pada Jumat 16 Februari 2024.

Menurut Bheda, mereka (KPPS) merasa kesulitan saat mengunggah hasil pemungutan suara Pemilu 2024 ke Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap).

"Petugas KPPS ada yang naik meja. Bahkan mereka juga ke bukit cari titik-titik sinyal yang baik. Mereka ke atas atap, ada yang panjat pohon," ungkap Bheda. 

Bheda mengatakan, ada pula yang harus naik perahu untuk menjangkau tempat di mana ada titik-titik sinyal internet. Hal tersebut terutama dialami petugas KPPS pada pulau-pulau terluar di daerah pariwisata super prioritas itu.

"Di Boleng, ada yang keluar beberapa meter naik perahu motor. Problem sinyal di pulau tidak ada mereka harus keluar sedikit," lanjutnya.

Tak cuma di Boleng, kendala jaringan internet juga terjadi di sejumlah TPS lain di Manggarai Barat. Ada petugas KPPS, dikatakannya, harus memotret Form Model C terlebih dahulu baru kemudian mencari lokasi yang koneksi internetnya baik.

"Ini terkait sinyal Sirekap Mobile, karena tantangan kami itu di wilayah Pacar, Macang Pacar, Kuwus, Ndoso, Welak itu terkait dengan sinyal. Teman-teman mengalami hal itu. Mereka harus foto secara offline dulu kemudian mereka cari sinyal supaya bisa terkoneksi dengan sendiri," ujarnya.

Ia menyampaikan apresiasi terhadap perjuangan para petugas KPPS di wilayahnya dalam menyelesaikan pengunggahan hasil pemungutan suara Pemilu 2024 ke Sirekap walaupun dihadapkan pada kendala yang menuntut kerja ekstra keras.

"Teratasi semua kami beri apresiasi ke teman-teman di tingkat bawah dengan kondisi geografis, hujan, banjir mereka mau berjuang sesuai ketentuan, itu luar biasa," tutup Bheda.

Editor : Boby

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut