Logo Network
Network

Realisasi Investasi Karawang Tahun 2023 Rp45,8 Triliun, Tertinggi ke 2 di Jawa Barat

Frizky Wibisono
.
Kamis, 08 Februari 2024 | 08:47 WIB
Realisasi Investasi Karawang Tahun 2023 Rp45,8 Triliun, Tertinggi ke 2 di Jawa Barat
Foto : Ilustrasi Investasi

KARAWANG, iNewskarawang.id - Realisasi investasi Kabupaten Karawang tahun 2023 mencapai Rp45,8 triliun. Capaian tersebut membuat Karawang menduduki peringkat ke 2 dengan capaian investasi tertinggi di Jawa Barat setelah Kabupaten Bekasi.

Dikatakan Koordinator Kelompok Substansi Penanaman Modal, pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Didin Bihalaludin, dengan capaian investasi Rp45,8 triliun, realisasi investasi di Karawang sudah melebihi target investasi tahun 2023 yang saat itu di angka Rp40,6 triliun.

"Investasi yang besar akan berbanding lurus dengan serapan tenaga kerja yang tinggi," Kata Didin, Rabu, (7/2/2024).

Ia menjelaskan, dengan capaian tersebut sebanyak 30.758 tenaga kerja berhasil diserap di tahun 2023, angka itu sekaligus membuat serapan tenaga kerja di Karawang melejit naik dibanding serapan tenaga kerja tahun 2022 yang hanya menyerap 10.000 tenaga kerja.

"Serapan tenaga kerjanya tinggi, 300 persen dari serapan tahun sebelumnya (2022)," Ujarnya.

Didin menjelaskan investasi pada tahun 2023 masih didominasi oleh Penanaman Modal Asing (PMA) sebesar Rp40,2 triliun dan disusul Penanaman Modal dalam Negeri (PMDN) sebesar Rp5,6 triliun.

"Penanaman modal asing masih tertinggi, hal itu karena masih banyak perusahaan lokal yang belum melaporkan, makanya saat ini kita sedang berupaya agar kedepan semua perusahaan melaporkan investasinya," Paparnya.

Atas capaian itu, Didin memprediksi Kabupaten Karawang kemungkinan akan mendapatkan target investasi lebih tinggi dari tahun sebelumnya.

"Tahun ini target investasi Nasional dan Provinsi Jawa Barat lebih tinggi, jadi kalo mengacu kesitu kemungkinan target investasi Karawang juga akan lebih tinggi dari sebelumnya. Tapi sekarang ini belum ditetapkan, itu baru gambaran saja," Tandasnya.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Berita iNews Karawang di Google News

Bagikan Artikel Ini