get app
inews
Aa Read Next : Kalam : Misi Besar Israel Menanti Dajjal dan Kebinasaannya di Akhir Zaman

Ini Ulasannya! Kenapa Allah Memilih Nabi Isa untuk Membunuh Dajjal?

Jum'at, 19 Januari 2024 | 12:21 WIB
header img
Ilustrasi alasan Allah Ta'ala memilih Nabi Isa untuk membunuh Dajjal. (Foto: Istimewa/fanpop)

JAKARTA, iNewsKarawang.id-Tentunya umat Islam ingin mengetahui, kenapa Allah Subhanahu wa Ta'ala memilih Nabi Isa Alaihissallam untuk membunuh Dajjal?

Diketahui berdasarkan dalil-dalil bahwa Nabi Isa menjumpai Dajjal di Baitul Maqdis dan kaum Muslimin pun mengepungnya. 

Nabi Isa bin Maryam kemudian memerintahkan untuk membuka pintu. Kaum Muslimin melaksanakannya, dan ternyata di balik pintu tersebut terdapat Dajjal, lantas dia pun berlari. 

Nabi Isa 'Alaihis salam pun bertemu dengan Dajjal di Bab Lud di timur. Lalu Nabi Isa menumpas Dajjal dan pengikutnya dari orang-orang Yahudi.

Ada beberapa jawaban yang bisa menjelaskan alasan Allah Azza wa Jalla memilih Nabi Isa Alaihissallam untuk membunuh Dajjal, berikut ini selengkapnya, seperti dikutip dari unggahan akun Instagram @islamicstores_id: 

1. Allah Ta'ala menunjukkan kebenaran agama Islam

Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

وروينا عن النبي صلى الله عليه وسلم: “ليوشكن أن ينزل فيكم ابن مريم حكمًا عادلا يكسر الصليب، ويقتل الخنزير ويضع الجزية، وتهلك في زمانه الملل كلها إلا الإسلام”.

"Kami telah mendapatkan riwayat dari Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam, 'Sungguh hampir dekat waktunya turun di tengah-tengah kalian (Isa) bin Maryam sebagai hakim yang adil. Dia akan menghancurkan salib, membunuh babi, menghilangkan jizyah (upeti, karena kafir dzimmi sudah tidak ada lagi. Semuanya Muslim). Akan dihancurkan seluruh agama di zaman beliau kecuali Islam'." (HR Bukhari).

2. Membuktikan Nabi Isa masih hidup

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman dalam Alquran Surat An-Nisa Ayat 157:

وَقَوْلِهِمْ إِنَّا قَتَلْنَا الْمَسِيحَ عِيسَى ابْنَ مَرْيَمَ رَسُولَ اللَّهِ وَمَا قَتَلُوهُ وَمَا صَلَبُوهُ وَلَٰكِنْ شُبِّهَ لَهُمْ ۚ وَإِنَّ الَّذِينَ اخْتَلَفُوا فِيهِ لَفِي شَكٍّ مِنْهُ ۚ مَا لَهُمْ بِهِ مِنْ عِلْمٍ إِلَّا اتِّبَاعَ الظَّنِّ ۚ وَمَا قَتَلُوهُ يَقِينًا

Artinya: "Dan karena ucapan mereka: 'Sesungguhnya kami telah membunuh Al Masih, Isa putra Maryam, Rasul Allah', padahal mereka tidak membunuhnya dan tidak (pula) menyalibnya, tetapi (yang mereka bunuh ialah) orang yang diserupakan dengan Isa bagi mereka. Sesungguhnya orang-orang yang berselisih paham tentang (pembunuhan) Isa, benar-benar dalam keragu-raguan tentang yang dibunuh itu. Mereka tidak mempunyai keyakinan tentang siapa yang dibunuh itu, kecuali mengikuti persangkaan belaka, mereka tidak (pula) yakin bahwa yang mereka bunuh itu adalah Isa. (QS An-Nisa: 157).

3. Menegaskan kemuliaan Nabi Muhammad

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman dalam Alquran Surah As-Saff Ayat 6:

وَإِذْ قَالَ عِيسَى ابْنُ مَرْيَمَ يَا بَنِي إِسْرَائِيلَ إِنِّي رَسُولُ اللَّهِ إِلَيْكُمْ مُصَدِّقًا لِمَا بَيْنَ يَدَيَّ مِنَ التَّوْرَاةِ وَمُبَشِّرًا بِرَسُولٍ يَأْتِي مِنْ بَعْدِي اسْمُهُ أَحْمَدُ ۖ فَلَمَّا جَاءَهُمْ بِالْبَيِّنَاتِ قَالُوا هَٰذَا سِحْرٌ مُبِينٌ

Artinya: "Dan (ingatlah) ketika Isa ibnu Maryam berkata: 'Hai Bani Israil, sesungguhnya aku adalah utusan Allah kepadamu, membenarkan kitab sebelumku, yaitu Taurat, dan memberi kabar gembira dengan (datangnya) seorang Rasul yang akan datang sesudahku, yang namanya Ahmad (Muhammad).' Maka tatkala rasul itu datang kepada mereka dengan membawa bukti-bukti yang nyata, mereka berkata: 'Ini adalah sihir yang nyata'." (QS As-Saff: 6).

4. Telah dekat ajal Nabi Isa Alaihi wa Sallam

Ada yang beranggapan bahwa Nabi Isa Alaihissallam sudah meninggal dunia, kenyataannya Nabi Isa akan wafat setelah mengerjakan tugas dari Allah Subhanahu wa Ta'ala yaitu membunuh Dajjal.

Pada akhirnya Nabi Isa Alaihissallam akan mengalami kematian seperti dialami manusia lainnya. Akan tetapi meninggalnya Nabi Isa sesudah membunuh Dajjal, dan beliau akan menegakkan keadilan bersama seluruh umat Islam di seluruh dunia.

Lamanya Nabi Isa Alaihissallam tinggal di bumi adalah selama 40 tahun. Dalam hadits riwayat Imam Ahmad dan Ibnu Hibban, Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

فَيَمْكُثُ فِي اْلأَرْضِ أَرْبَعِيْنَ سَنَةً إِمَامًا عَدْلاً وَحَكَماً مُقْسِطًا.

Artinya: "Beliau tinggal di bumi selama 40 tahun sebagai imam yang adil dan hakim yang bijaksana." (HR Ahmad (VI/75), Ibnu Hibban: 1905, Shahiih Mawaariduzh Zham'aan: 1599, dari 'Aisyah Radhiyallahu anha. Kata Imam al-Haitsamy: "Hadits ini rawi-rawinya shahih." Lihat Majma'uz Zawaa-id (VII/338) dan Qishshatu Dajjal halaman 60).

Wallahu a'lam bisshawab. 

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut