get app
inews
Aa Read Next : Kapolri Tinjau Perkembangan Identifikasi Korban Kecelakaan Maut Tol Japek di RSUD Karawang

Kecelakaan Maut ! KA Turangga Tabrakan dengan Commuter Line Bandung Raya

Jum'at, 05 Januari 2024 | 09:55 WIB
header img
PT KAI dan DJKA Kemenhub melakukan evakuasi para penumpang KA Turangga dengan Commuter Line Bandung Raya yang bertabrakan di aurpugur-Cicalengka. Foto/Ist

BANDUNG,iNewsKarawang.id-Jalur rel kereta antara Haurpugur – Cicalengka untuk sementara tidak dapat dilalui.

Pasalnya terjadi peristiwa kecelakaan KA Turangga relasi Surabaya Gubeng-Bandung dan Commuter Line Bandung Raya di km 181+700 petak jalan antara Stasiun Haurpugur – Stasiun Cicalengka pada Jumat (5/1/2024) pukul 06.03. 

PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyampaikan permohonan maaf atas terganggunya pelayanan.“KAI saat ini sedang berusaha melakukan upaya evakuasi kepada para penumpang di 2 KA yang mengalami musibah tersebut,” ungkap EVP of Corporate Secretary KAI Raden Agus Dwinanto Budiadji. 

Agus menjelaskan, pihak KAI tengah melakukan upaya evakuasi 2 rangkaian kereta api dan perbaikan jalur rel yang mengalami kerusakan. Bagi perjalanan KA yang akan melintas di wilayah Haurpugur –Cicalengka. "KAI akan melakukan upaya rekayasa pola operasi berupa jalan memutar dan pengalihan menggunakan angkutan lain,"terangnya.

Menurut Agus, KAI juga akan melakukan investigasi bersama KNKT untuk mengetahui penyebab kecelakaan. Informasi lebih lanjut terkait kejadian ini, pihaknya akan menyampaikan pada kesempatan selanjutnya.

Sementara proses evakuasi juga dilakukan oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Hal tersebut diungkapkan, Direktur Jenderal Perkeretaapian, Risal Wasal dalam keterangan resmi yang diterima, Jumat (5/1/2024). 

"Turut prihatin dan berduka cita atas korban terdampak akibat insiden di Kecamatan Cikuya, Cicalengka, Bandung, pada lintas Cicalengka-Haurpugur KM 181+700 tanggal 5 Januari 2024 pukul 06.03 WIB," kata Risal. 

"Guna menindaklanjuti dan mengevakuasi korban dari insiden ini, DJKA bersama KAI dan pihak terkait telah mengirimkan tim teknis untuk mengamankan lokasi kejadian," tambahnya.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut