get app
inews
Aa Read Next : Pengedar Uang Palsu Diringkus Polres Karawang, Terancam 15 Tahun Penjara

Kolaborasi Bank bjb-Pemkab Karawang Optimalkan Transaksi Digital lewat KKPD

Jum'at, 29 Desember 2023 | 12:22 WIB
header img
Kolaborasi Bank bjb-Pemkab Karawang Optimalkan Transaksi Digital lewat KKPD (Foto : iNewskarawang.id/Frizky Wibisono)

KARAWANG, iNewskarawang.id - Bank bjb cabang Karawang terus berkomitmen memperluas layanan perbankan digital. Teranyar, bank bjb menjalin kerja sama dengan Pemkab Karawang untuk penerapan Kartu Kredit Pemerintah Daerah (KKPD).

Perjanjian kerja sama dituangkan dalam nota kesepahaman yang ditandatangani langsung oleh Bupati Karawang, Aep Syaepuloh dan Kepala cabang bank bjb Karawang, Maman Rukmana di Resinda Hotel pada Kamis, 28 Desember 2023.

Maman menyampaikan, implementasi KKPD merupakan kerja sama terbaru antara bank bjb dengan Pemkab Karawang, di mana lewat KKPD, setiap SKPD (satuan kerja pemerintah daerah) nantinya tidak lagi bergantung menggunakan transaksi tunai dalam operasional dinasnya.

"Jadi lewat layanan KKPD ini, para SKPD untuk transaksi pembayaran dalam operasional dinasnya cukup menggunakan kartu kredit bank bjb di aplikasi bjb digi, " kata dia.

Disebutnya, penerapan KKPD ini didasari amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 79 Tahun 2022 terkait ETPD (elektronifikasi transaksi pemerintah daerah).

Hal itu dimaksud agar penggunaan uang tunai pemerintah daerah dalam transaksi keuangan bisa diminimalisir, sehingga dapat memudahkan proses belanja dinas yang fleksibel, aman, efektif, dan akuntabel.

Selain KKPD, sambung dia, ada dua poin lain yang dituangkan dalam perjanjian kerjasama tersebut, yaitu penunjukan bank bjb Karawang sebagai tempat penyimpanan uang Pemkab Karawang tahun 2024, dan penunjukan penerimaan pajak daerah & retribusi tahun 2024.

Dia harapkan, sinergi yang sudah terbangun dengan pemerintah dapat membawa kemajuan bagi Kabupaten Karawang.

"Kami haturkan terimakasih kepada Bupati beserta jajaran atas kepercayaannya kepada bank bjb. Di era digital saat ini, kami terus berkomitmen memberikan dukungan layanan digitalisasi keuangan, dan pada akhirnya bisa memberikan manfaat serta berkontribusi untuk kemajuan Kabupaten Karawang," paparnya.

Sementara Bupati Karawang, Aep Syaepuloh menyampaikan apresiasi kepada bank bjb Karawang atas jalinan kemitraan selama ini.

Dia harapkan, perjanjian kerjasama tersebut kedepannya bisa mendorong kemajuan Kabupaten Karawang, terutama dalam transaksi keuangan di era digital.

"Kami apresiasi bank bjb yang selalu berkomitmen penuh meningkatkan inovasi layanan keuangan untuk pemerintah daerah, dan tentunya kami harapkan ini bisa dirasakan manfaatnya untuk kemajuan Karawang," kata dia.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut