get app
inews
Aa Read Next : Real Count KPU Sementara Pileg DPRD Karawang : NasDem Tertinggi, Golkar-PKS Bersaing Ketat

6.697 Penyandang Disabilitas di Karawang Masuk Sebagai Daftar Pemilih Tetap pada Pemilu 2024

Selasa, 26 Desember 2023 | 14:39 WIB
header img
6.697 Penyandang Disabilitas di Karawang Masuk Sebagai Daftar Pemilih Tetap pada Pemilu 2024 (Foto : ilustrasi)

KARAWANG, iNewskarawang.id - Ketua KPU Karawang, Mari Fitriana menyebut ada sebanyak 6.697 orang penyandang disabilitas di Kabupaten Karawang yang masuk sebagai  daftar pemilih tetap pada Pemilu 2024 mendatang.

Hal tersebut diungkapkan Mari saat ditemui pewarta di kegiatan Bimtek PPK dan PPS di Mercure Hotel Karawang, Selasa,(26/12/2023).

"Untuk total orang penyandang disabilitas yang terdaftar pada pemilu 2024 di Karawang ada 6.697 orang, dengan rincian disabilitas fisik 2.821 orang, disabilitas intelektual 296 orang, disabilitas mental (ODGJ) 1.502 orang, disabilitas sensorik wicara 824 orang, disabilitas sensorik rungu 405 orang, dan pemilih disabilitas sensorik netra yang berjumlah 849 orang," Ungkap Mari, Selasa,(26/12/2023).

Lebih lanjut, Kata Mari, Ia juga mengatakan jika orang penyandang disabilitas mental yang terdata pada pencoklitan bukanlah ODGJ yang berkeliaran di jalanan, melainkan yang masih dirawat oleh keluarganya.

"Kalau ODGJ yang di jalanan itu enggak kita data. Yang kita data itu, yang masih memiliki keluarga. Dan untuk yang di panti, kalau dia (odgj) mengikuti coklit yang dilakukan pantarlih pada waktu lalu, secara otomatis sudah diberikan hak pilihnya," Jelas Mari.

Masih kata Mari, saat di TPS para Disabilitas akan tetap diberi pendambingan dan pihaknya juga akan memastikan lokasi TPS ramah disabilitas.

"Tetap didampingi, kalau masih ada keluarganya, ya sama keluarga. Tapi kalau memang enggak ada, tim dilapangan akan meminta salah satu warga sekitar untuk mendampingi. Untuk TPS nya, kita pastikan TPS ramah untuk penyandang disabilitas," Tandasnya.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut