get app
inews
Aa Read Next : Kehilangan 9 Pemain Timnas Indonesia U-23 di Piala AFF U-23 2023, Kabarnya Shin Tae-yong Ngamuk?

Disebut-sebut 5 Negara Besar yang Diprediksi Gabung AFF jika Piala AFF Masuk Agenda FIFA

Kamis, 07 Desember 2023 | 20:52 WIB
header img
Presiden FIFA Gianni Infantino menghadiri final Piala AFF 2022 (Foto: REUTERS)

JAKARTA,iNewsKarawang.id -Piala AFF merupakan ajang sepakbola antar negara Asia Tenggara. Namun, ajang ini tidak termasuk kalender FIFA

Jadi apa pun yang terjadi di turnamen ini tidak berdampak kepada ranking FIFA.

Disebut-sebut  ada 5 negara besar yang diprediksi gabung AFF jika Piala AFF masuk agenda FIFA. Salah satu di antaranya adalah negara dengan tim nasional peringkat ke-38 dunia.

Namun, ada indikasi dari Presiden FIFA Gianni Infantino bahwa Piala AFF bisa masuk dalam kalender FIFA. Jika demikian, maka ada lima negara yang diprediksi gabung AFF jika Piala AFF masuk kalender FIFA.

Berikut 5 Negara Besar yang Diprediksi Gabung AFF jika Piala AFF Masuk Agenda FIFA

5. Australia

Timnas Australia ambil bagian dalam Federasi Sepakbola Asia (AFC) pada saat ini. Sebelumnya, Australia merupakan bagian dari Federasi Sepakbola Oseania (OFC).

Secara geografis, Australia bisa masuk ke Asia Tenggara karena letaknya yang dekat Indonesia dan mereka memang sudah ambil bagian dalam AFF. Di kelompok umur, Australia sendiri pernah ikut Piala AFF, namun mereka tidak ikut ke Piala AFF senior sejauh ini.

4. India

India sempat dikabarkan ingin meninggalkan Federasi Sepakbola Asia Selatan (SAFF). Sebab, India menilai SAFF tidak cukup kompetitif.

Sementara itu, di AFF, Timnas India akan menemui lawan yang lebih sepadan dengan adanya Vietnam, Thailand, Indonesia, dan Malaysia. Sebagai catatan, India kini menghuni ranking 102 FIFA.

3. Belarusia

Belarusia berada di negara Eropa dan karena itu masuk dalam Federasi Sepakbola Eropa (UEFA). Namun demikian, Belarusia berpotensi untuk meninggalkan UEFA karena dukungan negara tersebut kepada Rusia dalam invasi Ukraina.

Dewan Olimpiade Asia (OCA) mempersilakan Belarusia untuk gabung Federasi Sepakbola Asia (AFC). Timnas Belarusia sendiri kini menempati peringkat ke-95 dalam ranking FIFA

2. Afghanistan

Afghanistan merupakan negara yang sering berpindah Federasi. Pada 2005, Afghanistan meninggalkan Federasi Sepakbola Asia Barat (WAFF) untuk Federasi Sepakbola Asia Selatan (SAFF).

Sejak 2015, Afghanistan berada dalam Federasi Sepakbola Asia Tengah (CAFA). Melihat rekam jejak tersebut, bukan tidak mungkin jika mereka melompat ke AFF lagi untuk menemukan tantangan baru.

1. Rusia

Rusia dihukum UEFA dan FIFAkarena menginvasi Ukraina. Rusia bisa saja meninggalkan UEFA dan, sama seperti Belarusia, mereka pun dirangkul Dewan Olimpiade Asia (OCA) untuk bergabung ke Asia.

“Pada KTT Olimpiade ke-11, Dewan Olimpiade Asia (OCA) menawarkan untuk memfasilitasi partisipasi atlet dari Rusia dan Belarusia dalam kompetisi internasional di Asia,” tulis @theaseanfootball.

Selain itu, Federasi Sepakbola Rusia juga pernah ditawari untuk gabung AFC pada beberapa waktu lalu. Hal ini pernah diungkap oleh Aleksander Dyukov selaku Presiden Federasi Sepakbola Rusia.

“Beberapa bulan lalu, saya mengatakan ide untuk gabung AFC terlalu dini. Namun, sekarang merupakan kesempatan yang harus kami pertimbangkan,” kata presiden Federasi Sepakbola Rusia, Aleksander Dyukov mengutip dari The Thao 247.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut