get app
inews
Aa Read Next : Pengedar Uang Palsu Diringkus Polres Karawang, Terancam 15 Tahun Penjara

KKN dan PKM Unsika Edukasi Masyarakat Soal Cara Penggunaan Lemari Pendingin di Desa Malangsari

Rabu, 22 November 2023 | 16:18 WIB
header img
KKN dan PKM Unsika Edukasi Masyarakat Soal Cara Penggunaan Lemari Pendingin di Desa Malangsari

KARAWANG, iNewskarawang.id - Mahasiswa KKN Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika) melakukan sosialisasi penggunaan Phase Change Material (PCM) pada lemari/box pendingin untuk penyimpanan makanan kepada pelaku UMKM di Desa Malangsari, Kec. Pedes, Kab. Karawang, pada (25/11/2023).

KKN tersebut berkolaborasi dengan kegiatan Pengabdian kepada masyarakat (PKM) dosen Unsika bertujuan mendukung pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Desa Malangsari, terutama di sektor kuliner, dengan cara memberikan pengetahuan mengenai tata cara penggunaan material PCM dan memberikan bantian dua buah box pendingin kepada pelaku usaha UMKM di desa tersebut.

Bertempat di Kantor Desa Malangsari. Tim dosen yang diketuai oleh Bobie Suhendra, S.T., M.T., IPP, dan beranggotakan Boni Sena, S.T., M.Eng, Ph.D., Nadia Amanah, S.T., M.T., dan Ujiburrahman, S.T., M.T., berhasil menarik minat banyak pelaku UMKM setempat untuk mengikuti sosialisasi tersebut.

Penggagas kegiatan, Bobie Suhendra menjelaskan, Lemari/box pendingin yang berbasis PCM ini memiliki beberapa manfaat, seperti meningkatkan kualitas dan umur simpan produk beku yang dijual sehingga penjual dapat menjaga kualitas produknya pada suhu yang lebih stabil.

"program ini juga bertujuan untuk mengurangi kebutuhan energi listrik karena lemari pendingin berbasis PCM tetap dingin dalam rentang waktu tertentu, bahkan dalam keadaan listrik mati. Program ini diharapkan dapat membantu meningkatkan pendapatan mereka sekaligus memperkenalkan praktik bisnis yang lebih efisien," Kata Bobie.

Agenda sosialisasi tersebut juga sekaligus menutup Program KKN UNSIKA kelompok Malangsari 1 yang diketuai oleh Ramdhani. Dikatakan Ramdhani, kelompoknya telah menjalani KKN sejak 1 September 2023, dan selama melaksanakam KKN di Desa Malangsari, kelompoknya telah melaksanakan serangkaian kegiatan, seperti pendampingan pemasaran produk UMKM Kelompok Wanita Tani (KWT), Pembuatan Ecoprint, Program mengajar, sosialisasi tentang Bullying dan bahaya narkoba di sekolah setempat. Selain itu, mereka juga aktif bersinergi dalam berbagai kegiatan desa setempat.

"Dalam agenda sosialisasi dan perpisahan itu para peserta yang terdiri dari pengurus perangkat desa, masyarakat, dan pelaku UMKM, sangat antusias dalam mengikuti kegiatan sosialisasi, mereka juga mengapresiasi kegiatan kegiatan itu,"

Untuk itu Ramdhani mengucapkan terimakasih kepada perangkat desa serta masyarakat karena telah menerima kelompoknya untuk mengabdi di desa tersebut.

"Saya berterimakasih, harapan saya semoga apa yang kami berikan bisa bermanfaat bagi masyarakat desa, serta bisa memberikan dampak positif bagi perekonomian di desa tersebut," pungkasnya.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut