get app
inews
Aa Read Next : Pengedar Uang Palsu Diringkus Polres Karawang, Terancam 15 Tahun Penjara

Cari Lokasi Sumur Minyak Baru, Pertamina Lakukan Kegiatan Seismik di Karawang

Jum'at, 17 November 2023 | 12:53 WIB
header img
Pertamina Lakukan Kegiatan Seismik di Karawang/iNewsKarawang.id

KARAWANG-iNewsKarawang. id 
Pertamina melakukan kegiatan seismik di 19 kecamatan dan 125 desa di wilayah Kabupaten Karawang sebagai upaya pencarian titik lokasi baru sumur minyak.

Partichief Project Penelitian Survey Seismik 3D Kepuh Pertamina EP Erwan Cahaya mengungkapkan, pihaknya melakukan kegiatan seismik ini untuk mencari 501 titik lokasi sumur minyak baru di Karawang yang tersebar di 19 kecamatan dan 125 desa.
 
"Kita melakukan kegiatan seismik di 19 kecamatan dan 125 desa ini sudah mendapat izin bupati dan sudah melakukan expose dengan Pemkab Karawang,"ujar Erwan kepada awak media di RM. Indo Alamsari pada Kamis (16/11/2023).

Selain itu, sebelum kegiatan seismik pihaknya telah melakukan audiensi dengan Dinas pertanian dan Dinas Perikanan, termasuk soal kompensasi bagi petani yang lahanya terdampak seismik. Namun untuk besaran nilai kompensasi itu, pihak pemkab yang memutuskan besaran nilai konpensasinya. 

Menurut Erwan, pihaknya jika berhasil menemukan titik lokasi sumur minyak baru tentunya akan membawa dampak positif, bagi Pemerintah Kabupaten Karawang, terutama dapat menghasilkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Lanjut Erwan, untuk kegiatan seismik ini langkah awal yang dilakukan berupa topografi dengan menggunakan sistem polygon hingga dilakukan pemasangan patok. Kemudian setelah itu dilakukan pengeboran sedalam 30 meter dengan menggunakan 9 unit alat yang di datangkan dari Perancis. 

"Jadi tidak merusak persawahan. Dalam sehari melakukan pengeboran dapat menjangkau 5 sampai 6 desa terlewati, "paparnya. 

Terkait rumah warga di wilayah Tirtamulya yang terdampak kegiatan seismik, pihaknya sudah menurunkan tim untuk melakukan pendataan saat awal hingga pendataan akhir. Data yang terkumpul saat awal hingga akhir nantinya di gabungkan untuk diverifikasi. 

Kata Erwan, terkait perbaikan terhadap rumah warga yang terdampak dilakukan secara bertahap. "Setiap ada komplain akan kami tindaklanjuti. Kita memverifikasi sudah ada 60 rumah di data akhir dan kita datangi langsung ke pemilik rumah yang terdampak," pungkasnya.

Editor : Boby

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut