get app
inews
Aa
Read Next : Pengedar Uang Palsu Diringkus Polres Karawang, Terancam 15 Tahun Penjara

Didukung Kementerian, Dinas Perikanan Karawang Canangkan Kampung Bandeng di Banyusari

Jum'at, 28 Januari 2022 | 15:06 WIB
header img
Plt Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Karawang, H. Abu Bukhori (Foto : iNewsKarawang/Iqbal Maulana Bahtiar)

Karawang, iNews.id - Dalam upaya membantu meningkatkan pertumbuhan perekonomian masyarakat, khususnya di wilayah pedesaan Kabupaten Karawang, Dinas Perikanan Kabupaten Karawang dibantu Kementerian Kelautan dan Perikan canangkan kawasan kampung bandeng di Kecamatan Banyusari

Mapping kawasan kampung bandeng di Kabupaten Karawang yang berada di Kecamatan Banyusari, terdiri dari 3 Desa, yakni Desa Cilengsi Utara Cilengsi Selatan dan Jayamukti. Hal tersebut disampaikan oleh  Plt Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Karawang, H. Abu Bukhori saat ditemui oleh reporter iNewskarawang, di Kantor Dinas Perikanan Kabupaten Karawang. Jumat, (28/1/2022)

"Jumlahnya fantastis, ada Sekitar 3500 pengelola di tiga desa tersebut dan mampu memproduksi 25-50 kg setiap harinya, "ujarnya.

Dalam tindak lanjutnya, Kementerian Kelautan dan Perikanan sudah memberikan bantuan berupa kastorit kapasitas 20 ton serta akan ada sekitar 7 dapur olahan yang diberi bantuan dalam segi pengolahannya.

"Untuk nilai dan jumlah bantuan yang diberika itu langsung dari pusat, kita hanya penerima manfaatnya saja,"tambahnya.

Selain itu, di tahun 2022 ini Kementerian kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Dinas Perikanan Kabupaten Karawang juga memberikan fasilitas asuransi kesehatan kepada 900 nelayan.

"Asuransi tersebut diberikan karena resiko pekerjaan di laut itu cukup tinggi, jadi kesehatan dan keselamatan nelayan pun harus terjamin,"ujarnya.

Dalam pendistribusiannya, Ia pun mengatakan hasil olahan bandeng tersebut sudah ekspor keluar daerah Kabupaten Karawang, seperti Sudah sampai ke Purwakarta, Subang, Cianjur, Bandung, Sumedang, Majalengka,Bogor, Bekasi sampai ke banten.

"Sistem edar yang digunakan masih sama, buat, antar, edarkan lalu kembali lagi." Lanjutnya.

Ia juga mengatakan selain hasil bandeng, hasil pengolahan hasil tangkap ada sekitar 36.000 ton perhari yang kemudian sebagian besar di distribusikan ke Jakarta, Indramayu dan Cirebon.

Pihaknya berharap, adanya bantuan ini dapat memberikan manfaat yang baik bagi para nelayan di Kabupaten Karawang.

"Semoga adanya bantuan dari kementerian ini para nelayan di Kabupaten Karawang dapat lebih sejahtera serta hasil olahan bandeng Kabupaten Karawang ini bisa mencapai pasar internasional,"pungkasnya.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut