get app
inews
Aa Read Next : Pemkab Karawang Buka 912 Formasi CPNS dan PPPK Tahun 2024, Berikut Rinciannya

BKPSDM Karawang Luncurkan Portal Pertama di Jabar yang Bisa Awasi Kedisiplinan ASN Membayar Pajak

Kamis, 09 November 2023 | 14:14 WIB
header img
BKPSDM Karawang Luncurkan Portal Pertama di Jabar yang Bisa Awasi Kedisiplinan ASN Membayar Pajak

KARAWANG, iNewskarawang.id - Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Karawang telah merilis portal baru dengan tujuan untuk mengukur tingkat kedisiplinan Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam membayar pajak atau taat pajak.

Portal yang dinamai Tapak-ASN ini rilis bulan November dan sudah mulai diujicoba. Portal ini dapat diakses melalui tautan tapak-asn.bkpsdm.karawangkab.go.id. 

"Portal Tapak-ASN ini mencakup berbagai aspek yang terkait dengan kedisiplinan pajak ASN, termasuk Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), serta data Sistem Informasi Kepegawaian ASN (SIM ASN) yang mencakup data pegawai yang dimiliki oleh BKPSDM Karawang," ujar Kepala Bidang Penilaian Kinerja dan Disiplin Pegawai BKPSDM Karawang, Rabu, (8/11/2023).

Disebutnya, portal ini telah terintegrasi dengan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Jawa Barat, yang mencakup informasi tentang kendaraan bermotor.

"Portal Tapak-ASN merupakan inisiatif pertama di wilayah Jawa Barat, bahkan di Indonesia. Dengan melibatkan ASN dalam pengukuran ini, portal ini memungkinkan untuk mengidentifikasi ASN yang tidak taat dalam membayar pajak atau melakukan pelanggaran terkait pajak," papar Gery.

Jika nantinya diketahui ada ASN yang lalai dalam membayar pajak, BKPSDM Karawang, lanjut dia, akan berkoordinasi dengan bank bjb dan memanggil yang bersangkutan untuk melakukan tindak lanjut.

Namun sebelumnya, ASN yang bersangkutan akan mendapat pemberitahuan terkait kewajiban pajak melalui pesan WhatsApp.

"Proses pembayaran pajak ASN tidak hanya berkaitan dengan sanksi, namun juga dengan aspek etika. Nilai kedisiplinan ASN akan menjadi indikator penting dalam sistem merit yang akan diselenggarakan oleh BKD Karawang. Dengan demikian, ketika seorang ASN tidak taat dalam membayar pajak, hal ini akan memengaruhi nilai kedisiplinannya," kata dia.

Jadi potensi Gali DBH

Portal Tapak-ASN memiliki potensi besar dalam meningkatkan pendapatan daerah melalui Pajak Kendaraan Bermotor (PKB).

Diharapkan bahwa portal ini akan berdampak positif pada pendapatan daerah, terutama melalui peningkatan Dana Bagi Hasil (DBH) kendaraan bermotor. Namun, dampak pasti dari portal ini belum diuji coba dan akan dipantau hingga akhir tahun.

"Di tahun 2025, ada opsi untuk mentransfer seluruh pajak kendaraan bermotor ke tingkat kabupaten/kota, sehingga portal Tapak-ASN akan memainkan peran yang semakin penting dalam pengelolaan pajak tersebut," katanya.

Untuk menyempurnakan portal Tapak-ASN, BKPSDM Karawang berencana untuk mengintegrasikan data dari plat non-Jabar dengan data yang ada pada Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT). Selain itu, portal ini akan diintegrasikan dengan data Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).

"Kita harapkan ini menjadi langkah inovatif dalam mengukur dan meningkatkan kedisiplinan ASN dalam hal membayar pajak, yang nantinya dapat memberikan kontribusi positif bagi pembangunan daerah," tutupnya.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut