get app
inews
Aa Read Next : Pengedar Uang Palsu Diringkus Polres Karawang, Terancam 15 Tahun Penjara

Puluhan Ribu Masyarakat Karawang Padati Jalan, Gemakan Sholawat dan Doa Bagi Warga Palestina

Minggu, 26 November 2023 | 13:03 WIB
header img
Puluhan Ribu Masyarakat Karawang Padati Jalan, Gemakan Sholawat dan Doa Bagi Warga Palestina

KARAWANG, iNewskarawang.id - Masyarakat Karawang kompak melakukan aksi bela Palestina di sepanjang jalan utama Karawang. Dalam aksi tersebut, massa menggemakan doa dan sholawat bagi warga Palestina.

Berdasarkan pantauan reporter iNewskarawang.id, puluhan ribu massa aksi dengan berbagai macam atribut palestina mulai memadati jalan sejak pukul 06.00 WIB dan mulai mengurai pada pukul 10.00 WIB.

Ketua Aksi bela Palestina Karawang, Cecep Jasim mengatakan, dalam aksi kali ini pihaknya mengundang seluruh lapisan masyarakat bahkan kalangan non muslim. 

"Isu palestina bukan lagi isu agama, tapi isu kemanusiaan. Kami undang kalangan dan tokoh-tokoh dari lintas agama, kita undang Yos Sudarso. Ini disiarkan langsung di Aljazirah Qatar, mudah-mudahan menjadi langkah baik keterlibatan kita dalam membela Palestina," katanya Minggu, (26/11/2023).

Ditempat yang sama, Ketua MUI Karawang, Dr. KH. Tajuddin Nur menyebut, aksi ini bertujuan untuk mengumpulkan donasi serta mengirimkan doa bagi saudara saudari kita yang sedang berjuang di Palestina. 

"Kalo saya boleh memperkirakan, insyaallah tidak kurang dari 10.000 orang Karawang plus Bekasi dan Purwakarta," katanya. 

"Kita mungkin tidak termasuk banyak harta, tapi oleh Allah SWT digerakkan hatinya, untuk membantu bahkan dari jam 3 sudah berkumpul di sini. Doa yang dikirimkan, insyaallah akan sampai dan mengetuk pintu langit," tuturnya. 

KH. Tajuddin Nur M.Si yang juga sebagai Ketua FKUB Karawang menyampaikan, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dari lintas agama turut mendukung Palestina. 

"Lintas agama dari Protestan, Katolik, Budha, Konghucu dan Hindu juga ikut aksi dan berdonasi. Inilah Indonesia, bersatu untuk membela kemanusiaan," paparnya. 

Dalam aksi ini, donasi disalurkan satu pintu melalui Baznas. Ada 4 titik pos Baznas, dan petugas sunduk berkeliling mengumpulkan donasi dari seluruh peserta aksi.

Sementara itu, Baznas Karawang, Karmin menyebutkan, selepas aksi pihaknya akan terus menerima penyaluran donasi kepada masyarakat Karawang, ia mempersilahkan apabila hendak berdonasi dikemudian hari (pasca aksi). 

"Hasilnya nanti akan kita umumkan, ketika sudah masuk ke Baznas insyaallah akan kami salurkan tanpa dipotong sedikitpun," pungkasnya.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut